Friday, July 30, 2010

Tim Ilmuwan MIT Yakin Bisa Membuat Mesin Waktu


www.AstroDigi.com

INILAH.com | 25 Juli 2010 | Para ilmuwan telah berusaha secara kuantum melakukan teleportase, pindah dari satu tempat ke tempat lain. Prinsip yang sama dari efek aneh kuantum ini bisa untuk kembali ke masa lalu.

Seth Lloyd dan timnya di MIT mengatakan dengan menggunakan prinsip yang sama dan efek aneh kuantum lebih lanjut yang dikenal sebagai ‘pascaseleksi’, seharusnya memungkinkan untuk kembali mundur dalam suatu waktu.

Lloyd mengatakan kepada Teknologi Review bahwa “Hal itu mungkin, partikel dan pada prinsipnya orang membuat terowongan dari masa depan ke masa lalu.”

Pasca seleksi adalah bagian penting dari ilmu pengetahuan yang lahir dari komputasi kuantum. Dalam komputasi tradisional, pengguna perlu menentukan seperangkat variabel dalam suatu persamaan yang mengarahkan pada jawaban yang benar, komputer harus mencoba setiap kombinasi hingga berhasil.

Dalam komputasi kuantum, karena perilaku aneh partikel sub-atomik paralel, sehingga bisa menyederhanakan prosedur ini. Caranya dengan menjalankan semua kemungkinan variasi secara simultan dan hanya memilih kombinasi yang membuat jawaban jadi benar.

Profesor Lloyd dan timnya mengatakan bahwa dengan menggabungkan teleportasi dan pascaseleksi maka akan ada kemungkinan terjadi efek kuantum teleportasi secara terbalik.

Dr Richard Low, ilmuwan komputasi kuantum dari University of Bristol, mengatakan “Anda bisa menganggapnya pasca seleksi mempengaruhi sejarah partikel, mengirimkan kondisinya ke masa lalu.”

Tidak seperti teori teleportasi sebelumnya, hal ini tampaknya menghindari “paradoks kakek” dari Back to the Future, sehubungan dengan Marty McFly.

Jika Anda kembali ke masa lalu dan tanpa sengaja akhirnya membunuh kakek dan nenek sendiri, maka Anda menciptakan sebuah paradok

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)