Tuesday, July 27, 2010

Pola Gen Menentukan Usia Seseorang


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Minggu, 04 Juli 2010 | Para peneliti telah menemukan pola gen yang diprediksi dimiliki oleh mereka yang hidup lebih dari 100 tahun. Temuan yang telah diterbitkan jurnal Science ini dipimpin oleh Paola Sebastiani dan Dr Thomas Perls dari Boston University. "Penelitian ini memiliki akurasi terbaik," kata Sebastiani.

Mereka mempelajari sekitar seribu orang yang hidup sampai usia lebih dari 100 tahun kemudian mengidentifikasi pola-pola genetik mereka. Ternyata kebanyakan dari mereka yang hidup di atas 100 tahun memiliki pola gen yang sama.

Penelitian genome ini mengidentifikasi 19 pola di antara 150 gen dan pola-pola inilah yang akan menentukan apakah orang tersebut berumur panjang atau tidak. "Tingkat akurasinya mencapai 77 persen," katanya.

Beberapa tanda pada pola tersebut berhubungan dengan penyakit lanjut usia, seperti demensia, penyakit jantung atau hipertensi. Namun, memiliki gen panjang usia ini belum tentu membuat seseorang benar-benar berumur panjang, karena masih ada faktor lain, seperti merokok, minum dan makan terlalu banyak.

Saat ini sekitar 1 dari 6.000 orang hidup sampai 100 tahun dan 1 dari tujuh juta orang dapat bertahan hingga usia 110 tahun. Temuan ini menawarkan harapan bagi mereka yang ingin hidup lebih lama.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pola Gen Menentukan Usia Seseorang”


Post a Comment