Friday, July 30, 2010

Karena Poligami, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma Bisa Terima Anggaran Ganda


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Sabtu, 20 Maret 2010 | Kontroversi tentang anggaran belanja untuk semua istri Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menyeruak baru-baru ini setelah pemimpin oposisi Afrika Selatan mengkritik biaya yang dikeluarkan negara untuk membiayai ketiga istri Zuma.

Seperti diberitakan kemarin, selama ini masih merupakan misteri bagaimana Zuma, 67 tahun, sanggup memenuhi semua kebutuhan ketiga istri dan 20 anaknya. Sebab, sangat tidak mungkin Zuma bisa membiayai hidup mewah keluarganya bila hanya mengandalkan gaji sebagai presiden.

“Dia tak akan sanggup memberikan rumah dan pendidikan untuk semua anaknya jika hanya mengandalkan gaji kepresidenan yang tak seberapa,” ujar pemimpin parlemen dari partai oposisi Aliansi Demokratik.

Namun rahasia itu kemudian terungkap setelah kantor kepresidenan membeberkan kepada parlemen soal anggaran yang harus dikeluarkan untuk keluarga Zuma. Menurut kantor kepresidenan, untuk 2009-2010 Zuma mendapat anggaran belanja dobel, yang jumlahnya mencapai 1,5 juta pound, atau Rp 20,78 miliar, sejak ia menjadi presiden, April tahun lalu.

Alokasi dana itu untuk serangkaian perbaikan, termasuk sebuah landasan helikopter dan sebuah klinik di rumah pedesaannya di KwaZulu-Natal. Juga untuk menggaji sekretaris pribadi dan seorang peneliti untuk mendukung kegiatan istri Zuma yang berkaitan dengan pekerjaan pemerintah.

Anggaran itu juga untuk membiayai laptop dan telepon seluler istri serta staf mereka. Disebutkan pula, kantor Zuma menyediakan anggaran untuk anak-anak Zuma, baik yang dilahirkan dari hasil perkawinan maupun yang tidak. Selain itu, ada izin khusus bagi keluarga Zuma untuk memperpanjang perjalanan tugas.

Sebelumnya, Zuma gagal membuat laporan sesuai dengan undang-undang tentang keuangannya yang harus disampaikan ke Komite Etik Parlemen dalam waktu 60 hari. Pekan lalu Zuma membuat pengakuan bahwa teman dan pendukungnyalah yang membiayai gaya hidup mewahnya.

Masalah keuangan Zuma menjadi sorotan, berkaitan dengan gaya hidup mewah semua istri dan anak-anak Zuma yang berjumlah 20 orang.

Januari lalu Zuma menikah untuk kelima kalinya dengan Thobeka Madiba. Dengan pernikahan ini, berarti Zuma memiliki tiga first lady, termasuk Madiba. Dua istri lainnya, yakni Kate Mantsho, ibu lima anak Zuma, bunuh diri pada usia 44 tahun. Sedangkan istrinya yang lain, Nkosazana Dlamini-Zuma, 60 tahun, dan ibu empat anak Zuma, bercerai dengan Zuma pada 1998. Dia sekarang menjabat menteri dalam negeri.

Istri kedua Zuma, Nompumelelo Ntuli-Zuma, dilaporkan tinggal di rumah mewah yang memiliki delapan kamar tidur di Durban, dan sewa rumah tersebut dibayar oleh pengusaha.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Karena Poligami, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma Bisa Terima Anggaran Ganda”


Post a Comment