Saturday, July 31, 2010

Sebuah Rumah Sakit Di Inggris Pekerjakan Robot


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Sabtu, 19 Juni 2010 | Rumah Sakit Forth Valley Royal di Larbert, Stirlingshire, Inggris mempekerjakan robot. Dengan investasi sebesar 300 juta Poundsterling, rumah sakit itu akan menjadi rumah sakit pertama di Inggris yang menggunakan robot. Sebelumnya, sejumlah rumah sakit di Jepang, Amerika Serikat dan Perancis sudah memanfaatkan robot untuk membantu tugas sehari-hari.

Armada robot itu siap melaksanakan tugas seperti mengangkut sampah klinis dan linen kotor, memberikan makanan dan membagikan obat-obatan kepada pasien. Robot-robot yang akan bekerja di rumah sakit itu dibedakan menjadi dua, yakni robot untuk tugas "bersih" dan robot untuk tugas "kotor". Masing-masing tugas memiliki koridor tersendiri untuk menhindari risiko kontaminasi silang.

Juru bicara rumah sakit, Elspeth Campbell mengatakan para staf sangat senang dengan keberadaan robot ini. "Ini sangat menarik dan merupakan yang pertama di Inggris," katanya.

Menurut Campbell, keberadaan robot di rumah sakit itu bukan untuk menggantikan fungsi manusia, melainkan supaya para perawat dan dokter memiliki waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan pasien.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Sebuah Rumah Sakit Di Inggris Pekerjakan Robot”


Post a Comment