Friday, July 16, 2010

4 Jenis Makanan Yang Menggerogoti Tulang


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Selasa, 8 Juni 2010 | Perlu Anda tahu, tulang 'keropos' bisa disebabkan makanan dan minuman favorit Anda.
Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sangat berpengaruh dalam pada kondisi kesehatan, termasuk tulang. Selama ini mungkin tanpa disadari tulang makin lama makin rapuh, sehingga Anda berisiko tinggi terkena osteoporis.

Perlu Anda tahu, tulang 'keropos' bisa disebabkan makanan dan minuman favorit Anda. Maka itu, kenali empat makanan yang bisa menghancurkan mineral pada tulang atau menghalangi kemampuan tulang untuk tumbuh kembali.

1. Garam
Garam meluruhkan kalsium dari tulang, dan melemahkannya dari waktu ke waktu. Untuk setiap 2300 mg garam yang Anda konsumsi, maka berefek pada hilangnya sekitar 40 mg kalsium. Sebuah studi pada wanita pasca-menopause yang membandingkan antara wanita mengonsumsi makanan kaya garam dan yang tidak, menunjukkan wanita mengonsumsi banyak garam kehilangan mineral pada tulang lebih banyak.

2. Minuman bersoda
Minuman bersoda merupakan hal paling berbahaya bagi tulang Anda. Rasa soda pada minuman berkarbonasi sering berasal dari asam fosfat yang bisa meningkatkan ekskresi (pengeluaran) kalsium dalam urine. Sebaiknya, pilih jus atau minuman lain untuk menghilangkan rasa haus agar Anda terhindar dari risiko kerapuhan tulang.

3. Kafein
Efek kafein pada tulang sama seperti garam tetapi angkanya tidak sebesar garam. Yaitu setiap mengonsumsi 100 mg kafein (sama dengan secangkir kopi ukuran kecil hingga sedang), Anda kehilangan 6 mg kalsium. Memang tidak terlalu besar, tetapi usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein.

4. Alkohol
Alkohol mencegah pembentukan mineral tulang yang didapatkan dari makanan. Minum alkohol dalam jumlah besar juga bisa mengganggu proses pemulihan tulang dan mengganggu kerja sel-sel tulang. Jadi, bukan hanya tulang menjadi lemah, tetapi bila Anda menderita patah tulang, maka sulit untuk sembuh.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “4 Jenis Makanan Yang Menggerogoti Tulang”

harus diwaspadai kalau mau tulang sehat sampai nanti :)
jangan sampai cepat keropos deh

aRcliff said...
on 

wah,, gk bisa ngopi lg nie,, padahal tmn nya rokok itu kopi,,, bnr gk y kopi jg bs mengurangi kadar nikotin dlm tubuh?


Terima kasih gan,,,

Anonymous said...
on 

He he he . . belum ada data medis yang mendukung teori kopi mengurangi kadar nikotin sih, tapi pemahaman semacam ini sudah cukup meluas bahkan mengakar :)

Yang jelas rokok dan kopi bisa menaikkan tensi lhoh.

NINO said...
on 

Post a Comment