Friday, July 2, 2010

Trimethylaminuria, Gangguan Metabolisme Yang Bisa Bikin Badan Bau Ikan


www.AstroDigi.com

Detik.com | Rabu, 16 Juni 2010 | Bau badan bukan hal yang aneh bagi sebagian orang, terlebih jika memiliki pola hidup tidak sehat. Tetapi gangguan trimethylaminuria membuat bau napas, keringat dan urine selalu amis seperti ikan.

Trimethylaminuria (TMAU) atau juga dikenal dengan sindrom bau ikan, merupakan gangguan metabolisme yang sangat langka, yang menyebabkan cacat dalam produksi normal enzim Flavin yang mengandung monooxygenase 3 (FMO3).

Ketika FMO3 tidak bekerja dengan benar atau jumlah yang dihasilkan tidak cukup, maka tubuh kehilangan kemampuan untuk menghancurkan trimetilamina (TMA) dari senyawa prekursor dalam pencernaan makanan menjadi trimetilamin oksida (TMAO).

Inilah yang menyebabkan terjadinya TMAU, trimetilamina yang akhirnya menumpuk akan menghasilkan bau urine, keringat dan napas yang sangat kuat dan amis.

Kasus TMAU pertama kali ditemukan pada tahun 1970. Dan menurut National Institutes of Health kurang dari 200 ribu populasi di Amerika Serikat yang menderita gangguan ini.

Seperti dilansir dari AolHealth, Rabu (16/6/2010), gejala-gejala TMAU antara lain sebagai berikut:

1. Badan berbau ikan yang sangat menyengat, meliputi urine, keringat, napas dan cairan reproduksi
2. Terdapat kandungan trimetilamina dalam urine dan keringat
3. Pada perempuan, bau badan akan semakin buruk sebelum dan selama masa menstruasi, saat mengonsumsi konstrasepsi oral, dan menjelang menopause


Bau badan orang yang menderita sindrom bau ikan bervariasi, tergantung pada pola makan, perubahan hormonal, tingkat stres, jumlah keringat, juga pewangi yang mungkin digunakannya.

Hingga saat ini, belum ada obat atau pengobatan yang dikhususkan untuk gangguan ini. Namun, beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi badan badan, yaitu:

1. Hindari makan telur, kacang-kacangan, daging tertentu, ikan, dan makanan lain yang mengandung kolin, karnitin, nitrogen dan belerang
2. Antibiotik dosis rendah untuk mengurangi jumlah bakteri dalam usus
3. Menggunakan pembersih yang sedikit asam dengan pH antara 5,5 dan 6,5.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

3 comments to “Trimethylaminuria, Gangguan Metabolisme Yang Bisa Bikin Badan Bau Ikan”

apakah aman menggunakan antibiotik dosis rendah secara terus menerus seumur hidup?
Kacang kacangan artinya baik tempe dan tahu termasuk ya.
Solusi terbaik mungkin menjadi vegetarian. yang menjadi masalah dari mana asupan protein jika bahkan telur, tahu n tempe tidak bisa di konsumsi.
mohon penjelasannya.

salam

Personal Blog of Ayuni Rianthy said...
on 

Km ppunya madalah itu yh? Aku jga pnya . Tpi ak percaya aku sembuh .

Victo Rio said...
on 

aku juga punya masalah sama,walaupun dah mandi ampe bersih ,ampe daki abis tapi tetep aj bau nya gak ilang2 ,ya akhirnya aku pasrah aja ,dan nerima apa adanya diriku,segala macam usaha dah saya lakukan tapi hasil nihil ada yang tau gk cara sembuhnya

Anonymous said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...