Monday, February 22, 2010

Operator Jepang Lansir Ponsel Surya (Solar Cell) Tahan Air


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Selasa, 21 April 2009 | Cuma butuh sepuluh menit pengecasan, dapat digunakan berbicara semenit, dan standby sejam.
Perusahaan operator selular asal Jepang KDDI au, baru-baru ini mengumumkan rencanannya untuk menjual ponsel tenaga surya.

Seperti dilansir dari situs DailyTech, ponsel ini tak hanya tahan berjam-jam 'dipanggang' di sinar matahari, melainkan juga tahan berbasah-basah, karena ponsel ini kedap air.

Ponsel yang bakal dibuatkan oleh vendor pembuat ponsel Jepang, Sharp, itu rencananya bakal menjadi salah satu produk unggulan KDDI yang bakal keluar di musim panas tahun ini. Oleh karenanya, ponsel ini bakal menjadi ponsel tenaga surya pertama yang tahan air.

Menurut rilis yang dikeluarkan oleh KDDI, ponsel ini hanya perlu dicas selama sepuluh menit, ponsel ini akan tahan digunakan untuk berbicara selama semenit atau sejam waktu siaga.

Diharapkan, pengguna dapat mengecas ponsel hingga 80 persen dari kapasitas penuh, dengan menggunakan energi surya. Dengan demikian, KDDI memang sedang memperkenalkan sebuah ponsel yang ramah lingkungan dan menjadi keunikan dan keunggulannya.

Menurut rumor yang berkembang, ponsel ini adalah ponsel flip dengan panel surya yang berada di sisi depan. Di Jepang, sebuah ponsel flip dengan layar yang lebar memang populer. Biasanya layar yang lebar itu dibutuhkan untuk lebih mudah menulis teks sandek (SMS). Dalam hal ini, layar lebar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sel surya untuk menangkap cahaya matahari.

Sayangnya, ponsel ini hanya akan dijual di Jepang saja, dan belum ada rencana untuk dipasarkan di luar Jepang. Sejak beberapa tahun belakangan, Jepang memang merupakan negara yang menggunakan teknologi ponsel yang selangkah lebih maju dari negara lain.

Di Jepang, ponsel yang dapat digunakan menonton TV sekaligus menjadi alat pembayaran sehari-hari sudah menjadi ponsel standar di sana.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Operator Jepang Lansir Ponsel Surya (Solar Cell) Tahan Air”


Post a Comment