Saturday, February 27, 2010

Wow, Lukisan Karya Hitler Laku Rp 1,54 Miliar


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Jumat, 24 April 2009 | Rumah lelang Mullocks di Kota Ludlow, Inggris, berhasil menjual 15 lukisan dan sketsa karya Adolf Hitler. Dalam lelang yang berlangsung Kamis, 23 April 2009, lukisan-lukisan diktator Nazi Jerman itu laku dijual dengan harga GBP 97.672 (sekitar Rp 1,54 miliar).

"Saya rasa semua lukisan itu asli," ujar pakar dokumen bersejarah Richard Westwood-Brookes yang memimpin lelang. Dia memastikan tidak ada seorang pun yang berani memalsukan lukisan-lukisan itu.

Salah satu dari 15 lukisan itu menunjukkan potret seseorang berpakaian coklat sedang mengamati sungai di bawah jembatan. Lukisan cat air itu ditandatangani Hitler dan bertanggal 1910. Sebuah coretan 'A.H.' tercantum di bawah sosok dalam gambar.

Lukisan ini diyakini merupakan potret diri Hitler saat masih muda. Lukisan ini dibeli John Ratledge dengan harga GBP 10.000 (Rp 158,5 juta). Ratledge mengatakan ingin memajang lukisan ini di kantornya.

Westwood-Brookes mengatakan pemilik lukisan-lukisan ini sebelumnya mendapatkan karya Hitler tersebut dari tentara Inggris yang bertugas di Essen, Jerman dan tergabung dalam Resimen Royal Manchester pada 1945.

Hitler lebih dikenal dalam upayanya mempersatukan Eropa di bawah kekuasaan Nazi Jerman sekaligus dalang pembantai bagi enam juta orang Yahudi di Eropa. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa lelaki dengan kumis khas ini juga hobi melukis ketika ia masih muda.

Ia diyakini telah menghasilkan ratusan karya, meski tidak banyak mengundang perhatian kritikus seni rupa.

Westwood-Brookes menilai karya-karya Hitler sangat bernuansa Picasso. Selama beberapa tahun terakhir, lukisan-lukisan Hitler selalu mendapat penawaran tinggi dalam sejumlah lelang. Lelang karya Hitler berikutnya akan dilakukan di Nurenberg, Jerman, akhir April ini.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Wow, Lukisan Karya Hitler Laku Rp 1,54 Miliar”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...