Wednesday, February 10, 2010

Memancing Ikan dengan Burung di China



Ekky Siwabessy - harian-global.com | Sabtu, 6 Februari 2010 | Danau Erhai, yang berjarak 40 kilometer dari utara ke selatan dan lebarnya kurang dari 10 meter, dikenal sebagai tempat yang unik untuk memancing ikan di Provinsi Yunnan. Seperti orang-orang Arab yang gemar berburu burung elang, orang-orang Bai di Danau Erhai yang menggunakan burung laut untuk menangkap ikan. Burung-burung besar itu dipakaikan jaring di lehernya, agar mereka tidak memakan mangsanya.



Selain di Danau Erhai di Sungai Li Jiang Provinsi Guang Xi juga memiliki kebiasaan unik ini. Kebiasaan mereka menangkap ikan dengan burung yang bernama Yu Ying telah menjadi budaya turun menurun. Burung Yu Ying memiliki kemampuan menangkap ikan yang luarbiasa dengan paruhnya yang kuat dan cepat, sangat tangkas merampas ikan-ikan dari dalam air.

Burung diikat dengan tali sedemikian rupa oleh nelayan, dan diletakkan di atas tongkat kayu. Dari tongkat kayu itulah, si burung mengamati mangsa dan memburunya ke dalam air.

Namun karena perkembangan zaman, sekarang ini kebiasaan kebanyakan para nelayan di kedua tempat ini telah menjadi atraksi wisatawan bagi para turis mancanegara.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Memancing Ikan dengan Burung di China”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...