Thursday, February 4, 2010

Jadi Spider-Man? Mungkin Saja



Sarie - Okezone | Rabu, 3 Februari 2010 - 11:05 wib | Sebuah perangkat berteknologi tinggi memungkinkan penggunanya untuk bisa beraksi layaknya seorang manusia laba-laba. Perangkat tersebut bisa membuat manusia merayap di dinding.

Perangkat canggih tersebut diinspirasi dari bentuk dan cara kerja seekor kumbang, yang mampu bergelantungan di dahan pohon dengan membawa beban 100 kali lipat dari berat badannya sendiri, dengan bantuan permukaan berair untuk membuat rekatan yang kuat.

Sayangnya, hingga saat ini perangkat tersebut belum diberi nama. Padahal, para ilmuwan yakin, teknologi tersebut mampu diimplementasikan pada sepatu maupun sarung tangan sehingga mampu merekat pada permukaan apapun.

Namun yang pasti, perangkat tersebut terdiri dari sebuah piringan datar yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil yang masing-masing berukuran ratusan mikron. Bagian bawah piringan tersebut berfungsi menyimpan air. Nantinya, tenaga baterai akan mengalirkan listrik dan memaksa air untuk keluar melalui lubang-lubang kecil di lapisan teratas. Nantinya, perangkat tersebut akan kedap secara otomatis seolah-olah membuat cengkeraman yang kuat dengan permukaan yang ada. Jika listrik dimatikan, maka cengkeraman tersebut akan langsung terputus dengan sendirinya.

"Dalam pengalaman sehari-hari, kekuatan seperti ini relatif lemah. Namun jika dibuat dalam jumlah yang cukup banyak, dan bisa dikendalikan, seperti halnya kumbang, perangkat ini akan memunculkan kekuatan cengkeraman yang cukup besar," ujar Profesor Kimia dan Biomolecular dari Cornell University, seperti dikutip melalui Live Science, Rabu (3/2/2010).

Pekerjaan yang tidak mudah untuk bisa membuat perangkat ini mampu menahan berat manusia dan membawanya merangkaki gedung. Satu purwarupa ini saja, memiliki 1.000 lubang dan hanya dapat menahan obyek dengan beban 30 gram. Namun dalam uji coba tersebut terlihat, dengan lubang yang lebih banyak dan lebih kecil, perangkat berukuran satu inci dapat menahan sekira 15 pon.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Jadi Spider-Man? Mungkin Saja”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...