Monday, February 1, 2010

Finlandia, Negara Paling Sehat di Dunia



VIVAnews | Petti Lubis | Kamis, 21 Januari | Menurut Badan Kesehatan Dunia, saat ini terdapat 1,6 milyar penderita obesitas di dunia. Setidaknya 2,5 juta kematian disebabkan obesitas setiap tahunnya di dunia. Dan, hampir 18 juta anak-anak berusia di bawah lima tahun memiliki berat badan berlebih.

Melihat fenomena ini, 'Reader’s Digest' menyelenggarkan jajak pendapat 'raksasa' yang mewawancarai sekitar 16.000 orang dari 16 negara tentang perilaku sehat mereka. Salah satu hasilnya terungkap Finlandia adalah negara yang paling menyadari bahaya obesitas, sehingga negara ini mendapat gelar negara tersehat di dunia.

Pada era 70an, Finlandia memiliki angka kematian akibat penyakit jantung tertinggi di dunia. Tapi, kini tidak lagi. Dinas kesehatan negara tersebut tergolong gigih untuk mengkampayekan gaya hidup sehat pada penduduk usia produktif. Kampanyenya antara lain, program diet, olahraga, dan bahaya merokok.

Hasilnya, selama 30 tahun, tingkat kematian akibat penyakit jantung menurun hingga 80 persen. Intinya, program ini memperpanjang usia penduduk Finlandia hingga 10 tahun.

Salah satu kunci untuk membuat program sehat ini sukses, menurut Pekka Puska, MD, Direktur Umum Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Nasional di Helsinki, adalah komunitas yang dibentuk berdasarkan tantangan 'Stop dan Menangkan'. Di kota-kota di negara ini menggelar program jika seseorang bisa berhenti merokok akan mendapatkan hadiah.

Survei ini menyimpulkan, 83 persen orang asal Finlandia bergaya hidup sehat dan memiliki program penurunan berat badan, seperti berdiet dan berolahraga, serta tidak merokok. Hasilnya, persentase ini 10 persen lebih tinggi dari negara lainnya. Inilah yang membuat negara ini tergolong paling sehat di dunia.



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Finlandia, Negara Paling Sehat di Dunia”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...