Friday, February 26, 2010

Ditemukan, Jurassic Park Sesungguhnya


www.AstroDigi.com

Inilah.com | 22 Februari 2010 | Sebuah dunia prasejarah yang hilang dan dikuasai oleh dinosaurus mini telah ditemukan oleh palaeontolog. Seperti apa dunia dinosaurus itu?.

Makhluk hidup yang hidup di sebuah pulau - semacam Jurassic Park kerdil – memiliki ukuran delapan kali lebih kecil daripada sepupu mereka di darat.

Salah satu yang tinggal di pulau dinosaurus, bernama Magyarosaurus, sedikit lebih besar dari kuda, namun binatang itu terkait dengan makhluk terbesar yang pernah berjalan di bumi titanosaurs raksasa seperti Argentinosaurus, yang panjangnya mencapai hingga 100 meter dan beratnya sekitar 80 ton.

Dinosaurus lain yang ditemukan adalah spesies primitif kerdil yang mirip dengan bebek herbivora seperti Iguanodon yang panjangnya dapat tumbuh sampai dengan 10 kaki dan beratnya lebih dari tiga ton.

Fosil dari dinosaurus kerdil ditemukan di tempat yang sekarang Rumania, di daerah yang dikenal sebagai Hateg, yang 65 juta tahun yang lalu adalah sebuah pulau.

Profesor Michael Benton, dari University of Bristol yang melakukan penelitian dengan para ilmuwan di Universitas Bukarest dan Bonn, mengatakan dinosaurus sepertinya telah berevolusi menjadi lebih kecil.

Dia berkata: "Sebagian besar dinosaurus terkenal yang kita tahu hidup di daratan pada akhir periode Cretaceous".

"Yang aneh tentang Eropa pada saat itu adalah bahwa sebagian besar tertutup oleh laut dan sebagian besar Eropa Timur adalah semacam pulau-pulau. Jika Anda adalah dinosaurus besar di pulau kecil dengan makanan dan ruang yang terbatas, maka tekanan evolusi akan punah atau berubah jadi lebih kecil."

Temuan itu membalikkan beberapa persepsi populer tentang dinosaurus, yang umumnya dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah berjalan di bumi. Bahkan nama mereka, berasal dari bahasa Yunani untuk "kadal besar menakutkan", menunjukkan bahwa dinosaurus adalah makhluk raksasa.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ditemukan, Jurassic Park Sesungguhnya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...