Sunday, February 21, 2010

Atheros Ponsel Yang Dapat Berfungsi Sebagai Access Point (Wifi/Hot Spot)


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Senin, 12 Januari 2009 | Cara orang menggunakan fitur Wireless LAN pada perangkat komunikasi genggamnya akan berubah di tahun ini. Atheros, produsen chip jaringan misalnya, mereka sedang membangun teknologi yang mampu mengubah telepon seluler menjadi akses poin nirkabel.

Telepon itu nantinya akan seperti akses poin wi-fi atau hot spot ketika terhubung. Koneksi Wi-fi akan digunakan antara PC dan telepon, sementara telepon akan terhubung ke internet menggunakan koneksi broadband mobile mereka, contohnya High-Speed Packet Access (HSPA).

Menurut Greg Wood, juru bicara Atheros seperti dikutip PCWorld, 11 Januari 2009, maksimal empat pengguna bisa terhubung ke telepon dalam satu waktu. Pada ponsel juga akan disediakan fitur keamanan seperti WPA2 (Wi-Fi Protected Access) yang umum tersedia di access point konvensional.

Ponsel yang dilengkapi dengan kemampuan Wi-Fi tersebut rencananya akan beredar akhir tahun ini. Atheros sendiri belum menyiapkan nama bagi produk yang sedang mereka kerjakan.

Di ajang CES yang berlangsung 8-11 Januari 2009, mereka bukan satu-satunya perusahaan yang memamerkan teknologi router mobile berukuran ringkas. Novatel Wireless juga mendemonstrasikan produk MiFi mereka. Produk ini merupakan perangkat sebesar kartu kredit yang memungkinkan maksimal lima pengguna untuk berbagipakai jaringan broadband mobile.

Menurut juru bicara Novatel, MiFi merupakan perangkat yang menggunakan baterai. Jika aktif digunakan, ia sanggup bekerja sampai empat jam dan memiliki waktu standby hingga 40 jam. MiFi juga memiliki sistem operasi Linux terintegrasi yang menampung aplikasi buatan pihak ketiga.

Versi yang mendukung EV-DO Rev A atau HSPA akan hadir di semester pertama 2009. Kisaran harganya adalah sekitar 200 dolar AS, sebelum subsidi dari operator jaringan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Atheros Ponsel Yang Dapat Berfungsi Sebagai Access Point (Wifi/Hot Spot)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...