Wednesday, February 24, 2010

Albert Einstein Ilmuwan Paling Jenius Abad Ini


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Albert Einstein terlahir pada tanggal 14 Maret 1879 di kota Ulm , Württemberg, Jerman, sebuah wilayah berjarak sekitar 100 km dari kota Stuttgart, dari pasangan yahudi Hermann Einstein, dan Pauline. Hermann Einstein adalah seorang penjual ranjang bulu yang kemudian berbisnis dibidang elektrokimia. Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika yang dianggap ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia adalah penemu teori relativitas dan berbagai teori dalam mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi.


www.AstroDigi.com

Albert Einstein meraih Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penemuannya tentang efek fotoelektrik dan dedikasinya yang luar biasa dibidang fisika teoretis. Setelah Albert Einstein menemukan teori realtivitasnya, ia menjadi ilmuwan paling terkenal di seluruh dunia. Ia dianggap sebagai simbol kejeniusan dan kecerdasan. Photo dengan penampilannya yang unik, dan rambut jabriknya begitu dikenal luas bahkan puluhan tahun setelah ia meninggal. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time.

Albert Einstein adalah seorang penemu paling ‘murni’ dalam sejarah. Para ilmuwan dan penemu lain adalah sebagai manusia yang mengawali sebuah penemuan, namun penemuan mereka adalah sesuatu yang cepat atau lambat akan ditemukan orang juga hanya tergantung siapa yang lebih dahulu, dan biasanya pada masanya juga telah ada trend untuk penemuan dibidang tersebut. Sebut saja pesawat terbang misalnya, seandainya Wright bersaudara tidak menemukan pesawat saat itu akan ada orang lain yang menemukannya. Atau lampu pijar misalnya, sendainya Edison tidak menemukannya akan ada orang lain juga yang membuat penemuan yang sama.

www.AstroDigi.com

Teori relativitas, adalah penemuan yang sangat luar biasa karena seandainya Einstein tidak menemukannya, puluhan tahun bahkan berabad-abad kemudian penemuan ini belum tentu ditemukan orang. Dan yang sangat luar biasanya, Einstein menyajikan penemuannya dalam bentuk sebuah rumus sederhana E=mc² dimana rumus ini pada awal diumumkan dianggap belum melewati berbagai pengujian yang layak oleh para ahli. Namun hingga bertahun-tahun kemudian, setelah melewati berbagai pengujian terbuktilah kebenaran dari rumus tersebut.

Kehidupan Einstein juga merupakan fenomena yang sangat luar biasa dan menyumbangkan banyak teori baru di bidang psikologi. Dimasa kecilnya Einstein justru diangggap lamban dan sulit belajar. Ia dianggap menderita dyslexia, dan masih ditambah lagi dengan rasa percaya dirinya yang rendah. Ia juga dianggap sulit menerima segala pelajaran termasuk juga pada mata pelajaran eksak yang belakangan justru merupakan keahlian utamanya. Ternyata justru karena struktur otaknya yang tidak biasa inilah yang membuatnya tampak lamban dalam berpikir, ia selalu melihat setiap pelajaran dari berbagai sisi dan kemungkinan.

www.AstroDigi.com

Einstein menikah dengan Mileva Maric, pada 6 Januari 1903. Mileva Maric, adalah seorang matematikawan, jadi mereka berdua adalah pasangan suami istri dengan kemampuan eksak diatas rata-rata. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak yaitu Lieserl Einstein yang terlahir sebelum mereka menikah (1902), dan Hans Albert Einstein (1904). Pada saat itu Einstein telah melepaskan kewarganegaraan Jermannya dan menjadi warga negara Swiss. Ia bekerja sebagai pegawai tetap di kantor paten.

Perang dunia membuatnya harus berpindah-pindah ke berbagai negara. Pada tahun 1911 ia pindah ke Austria dan menjadi warga negara Austria, namun setahun kemudian Jerman yang mengetahui potensi Einstein memaksanya kembali ke negaranya, dan Einstein menjadi warga negara Jerman lagi pada tahun 1914. Tekanan terhadap bangsa yahudi di Jerman membuatnya ingin melarikan diri dari Jerman. Amerika yang melihat keinginan Einstein untuk keluar dari Jerman kemudian membuat serangkaian rencana untuk membawa Einstein keluar dari Jerman.

Usaha Amerika berhasil dan pada tahun 1940 Einstein resmi menjadi warga negara Amerika dan tinggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Einstein meninggal pada 18 April 1955, karena pendarahan di bagian dalam organ tubuhnya, usianya 76 tahun saat ia meninggal. Jenasah Einstein kemudian dikremasikan, namun otaknya masih disimpan di universitas Princeton untuk kepentingan studi. Pengambilan otak Einstein ini sempat menjadi polemik karena dilakukan tanpa seizin pihak keluarga Einstein.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Albert Einstein Ilmuwan Paling Jenius Abad Ini”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...