Friday, April 30, 2010

"Face Off", Secara Utuh Berhasil Dilakukan



VIVAnews.com | Minggu, 25 April 2010 | Operasi transpalansi ini hampir sama dengan film tahun 1997, 'Face Off'
Sebuah rumah sakit di Spanyol mengklaim telah berhasil melakukan transpalansi wajah secara penuh pada seorang petani muda yang mengalami kerusakan parah di bagian muka setelah ia menembakkan diri sendiri pada tahun 2005. Keberhasilan ini merupakan yang pertama kali di dunia.

Sebelum dioperasi, pasien yang tidak disebut namanya ini tidak bisa menelan, berbicara, bahkan bernapas dengan benar.

Ia kemudian menerima transplantasi jaringan kulit, tulang pipi baru, otot-otot wajah, gigi, langit-langit mulut, kulit, hidung, bibir dan rahang dalam operasi selama 24 jam. Operasi itu dilakukan 30 dokter di Rumah Sakit Vall d'Hebron University yang dipimpin Dr Joan Pere Barret.

Rumah Sakit Vall d'Hebron University mengatakan, petani itu telah dioperasi sembilan kali, namun hasilnya tidak memuaskan. Sehingga perlu dilakukan transplantasi wajah penuh.

"Ini adalah sebuah terobosan besar transplantasi wajah penuh pertama di dunia. 10 operasi yang pernah dilakukan sebelumnya hanyalah operasi wajah sebagian," ujar Dr Joan Pere Barret seperti yang dikutip dari laman Telegraph, Jumat 23 April 2010.

Operasi transpalansi ini hampir sama dengan film dari John Travolta dan Nicolas Cage dalam film thriller pada tahun 1997 yang berjudul 'Face Off' di mana muka dari karakter yang dimainkan oleh Nicolas diubah ke karakter Travolta untuk pergantian identitas.

Seperti diketahui, operasi transplantasi wajah pertama di dunia dilakukan tahun 2005, pada seorang wanita Perancis, Isabelle Dinoire (38). Ia harus menjalani operasi kulit wajah, hidung dan mulut yang baru, karena rusak setelah diserang oleh anjingnya. Sejak saat itulah mulai ada sejumlah operasi serupa di Cina, Amerika, dan spanyol

Tiga tahun kemudian, wanita Amerika, Connie Culp juga menjalani operasi wajah yang lebih luas meliputi kulit tulang, otot dan pembuluh darah serta transplantasi saraf.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “"Face Off", Secara Utuh Berhasil Dilakukan”


Post a Comment