Thursday, April 8, 2010

Meskipun Terkubur Lebih Dari Seminggu 115 Penambang Cina Bisa Selamat


www.AstroDigi.com

Tempointeraktif.com | Senin, 05 April 2010 | Lebih dari 100 penambang Cina berhasil dikeluarkan dalam kondisi selamat. Padahal mereka telah terperangkap selama lebih dari seminggu di tambang batu bara yang kebanjiran. Di antara mereka makan serbuk gergaji dan mengikat diri mereka di lubang dinding dengan ikat pinggang untuk menghindari tenggelam saat mereka tidur.

Penambang yang berhasil diselamatkan langsung dibungkus selimut. Beberapa dengan mata tertutup karena masih sensitif terhadap cahaya. Mereka langsung dimasukkan ke dalam ambulans dan dilarikan ke rumah sakit terdekat. Tak kuasa menahan haru, para penolong yang tak putus asa itu menangis berpelukan di lokasi. Adegan ini disiarkan langsung televisi nasional.

Penyelamatan ini menjadi sepotong gelombang berita langka bagi industri pertambangan Cina, yang paling mematikan di dunia. Seorang juru bicara mengatakan, 115 korban dapat ditarik keluar pada 4.30 waktu setempat atau 15.30 WIB.

"Mukjizat akhirnya terjadi," kata Liu Dezheng, juru bicara tim penyelamat kepada wartawan pada Senin pagi, setelah melihat sembilan penambang pertama dibawa keluar tak lama setelah tengah malam. "Kami percaya bahwa mukjizat akan terjadi."

Awalnya diperkirakan ada 153 penambang terjebak, saat ini masih ada 38 penambang di lorong. Penyelamat mengungkapkan keyakinannya Senin (5/4) mereka bisa diselamatkan, tetapi mereka tidak ada kontak dengan mereka.

Penyelamat telah memompa air dari tambang banjir sejak hari Minggu lalu, ketika para pekerja menggali terowongan masuk ke sebuah lubang tua yang terisi air. Tanda-tanda pertama kehidupan dari bawah tanah datang hari Jumat, ketika ada ketukan jawaban tedengar dari pipa-pipa. Penyelam pertama menuju ke dalam terowongan pada akhir pekan, tetapi permukaan air, keruh, dan mereka muncul dengan tangan kosong.

Para penambang bawah tanah selama delapan hari bertahan dalam kondisi basah kuyup. Beberapa telah tergantung dari dinding poros dengan ikat pinggang mereka selama berhari-hari untuk menghindari jatuh ke dalam air ketika tidur. Kemudian, mereka naik ke gerobak tambang yang mengapung.

Pemimpin salah satu tim penyelamatan, Chen Yongsheng, mengatakan satu penambang makan serbuk gergaji dan kulit kayu. Mereka juga minum air keruh utnuk bertahan.

Liu Qiang, pemimpin tim medis upaya penyelamatan itu, menggambarkan para penambang kondisinya sangat lemah, dehidrasi, malnutrisi dan tanda-tanda vital tidak stabil. Sementara 26 orang kondisinya lebih serius dari yang lain, namun tidak ada yang dalam kondisi kritis. "Ini mungkin salah satu penyelamatan yang paling menakjubkan dalam sejarah pertambangan di mana saja," kata David Feickert, penasehat keamanan tambang batubara pemerintah Cina.

Keluarga yang selamat sangat senang. "Dia menelepon dan berhasil mengatakan nama panggilan kakakku, 'Xiaomi," sehingga kami tahu ini benar-benar dia dan bahwa dia masih hidup, " kata Long Liming, yang mengatakan dia menerima telepon sekitar tengah hari dari saudara iparnya Fu Ziyang.

Seorang dokter kemudian mengambil telepon dan berkata Fu harus beristirahat, kata Long. "Dia terjebak di bawah tanah begitu lama, jadi dia sangat lemah Tapi kami sangat lega untuk mengetahui bahwa dia berhasil keluar dengan selamat."

Tambang batubara Cina merupakan tambang paling mematikan di dunia. Kecelakaan telah menewaskan 2.631 penambang batubara di Cina tahun lalu, angka ini turun dari 6.995 kematian pada tahun 2002, merupakan kecelakaan tertinggi dalam catatan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Meskipun Terkubur Lebih Dari Seminggu 115 Penambang Cina Bisa Selamat”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...