Saturday, April 10, 2010

Gas Telur Busuk Turunkan Tensi?


www.AstroDigi.com

Kompas.com | Sabtu, 25 Oktober 2008 | Hydrogen sulfide, gas yang bertanggung jawab atas aroma telur busuk, juga mengatur tekanan darah dan fungsi pembuluh darah pada tikus, demikian laporan beberapa peneliti dalam majalah Science, terbitan 24 Oktober.

Temuan itu meningkatkan kemungkinan bahwa peningkatan farmakologi "hydrogen sulfide" dapat menjadi pilihan pendekatan bagi pengobatan darah tinggi pada manusia, kata jurnal Science.

Para peneliti dari Amerika Serikat dan Kanada memperlihatkan bahwa "hydrogen sulfide" diproduksi oleh satu enzim khusus, CSE, dan merintangi enzim tersebut dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan reaksi tak seimbang pembuluh darah pada tikus.

Mereka menciptakan tikus dengan sasaran penghapusan gen yang diberi sandi CSE, dan mengamati pengurangan dramatis dalam kadar "hydrogen sulfide" di dalam darah, jantung, batang nadi, dan jaringan lain.

Tikus mutan itu, yang kekurangan CSE, memperlihatkan tekanan darah mulai setelah berusia sekitar tujuh pekan, dan juga memperlihatkan reaksi tak seimbang terhadap pengobatan yang mendorong relaksasi pembuluh darah.

Hasil studi itu memperlihatkan bahwa "hydrogen sulfide" bergabung dengan "nitric oxide" sebagai gas yang mengatur tekanan darah tinggi, dan dapat melicinkan jalan ke arah perawatan baru gangguan lain pembuluh darah.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Gas Telur Busuk Turunkan Tensi?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...