Tuesday, April 20, 2010

Film Buatan Tahun 1913 Tentang Abraham Lincoln Ditemukan


www.AstroDigi.com

Tempointeraktif.com | Rabu, 14 April 2010 | Peter Maisse sedang membersihkan sebuah gudang tua di New Hampshire. Pekerjaannya itu menakdirkan lain, setelah pembongkaran gudang itu menemukan tujuh gulungan film nitrat di dalamnya. Luar biasanya, salah satunya adalah salinan film bisu tahun 1913 tentang Abraham Lincoln.

"When Lincoln Paid," film 30 menit tentang ibu --dari seorang tentara Union mati-- meminta Lincoln untuk membebaskan seorang tentara Konfederasi yang awalnya berkhianat. Bintangnya adalah saudara John Ford, sutradara "The Grapes of Wrath," " The Quiet Man," dan film klasik lainnya.

"Aku berada di ruang loteng, dan merangkak ke pojok dimana sebuah film dan sebuah proyektor film bisu, masih bagus," ujar Peter Massie, penggemar film, yang mengatakan bahwa penemuannya di bagian barat New Hampshire, Nelson. "Saya pikir itu benar-benar keren."

Penemuan itu di musim panas 2006, kemudian Massie meletakkan proyektor dan film itu di lantai dasar. Sampai akhirnya, Maisse menghubungi Keene State College, di mana profesor film Larry Benaquist pikir itu adalah penemuan langka.

Setelah bekerja dengan Museum Pelestarian Film George Eastman di Rochester, NY, perguruan tinggi itu menetapkan bahwa film, yang disutradarai oleh Francis Ford dan sekaligus dibintanginya itu tidak ada di arsip film. Bahkan, itu adalah salah satu dari delapan film bisu yang dibintangi Ford sebagai Lincoln, tidak ada dikenal salinannya di tempat lain.

"Sebagian besar dari film bisu, terutama dari periode awal - dekade pertama abad ke-20 - hilang," kata Caroline Frick Page, kurator film di George Eastman House. "Itulah yang membuat cerita ini jadi sangat istimewa."

College, berencana melakukan pemutaran film pada 20 April, dan menerima bantuan dari Yayasan Pelestarian Film Nasional untuk memperbaikinya. Laboratorium Colorado telah setahun menyelesaikan tugasnya.

Benaquist mengatakan gambar-gambarnya masih sangat awet, mungkin karena mereka mengalami dekade musim dingin di dudang New England, yang juga sangat terlindung oleh pepohonan. Film Nitrat dihapus di Hollywood pada 1950-an, karena sangat mudah terbakar. Film 35 mm itu sendiri telah menyusut dan lubang sproket yang digunakan proyektor emutar film juga sudah robek-robek.

Benaquist pikir film yang ditemukan di Nelson karena kota tersebut di dekat Danau Granit, tempat dimana banyak kamp musim panas selama bertahun-tahun. Ada sebuah kamp anak laki-laki di daerah lumbung dan percaya bahwa film yang ditampilkan untuk menghibur anak-anak, kemudian disingkirkan dan dilupakan.

Untuk membantu restorasi itu, Mark Reinhart Columbus, Ohio, penulis "Abraham Lincoln on Screen." Dia punya salinan video mentah dari film yang telah dibuat dari sebuah salinan 8-mm dan termasuk beberapa adegan yang hilang dari film yang ditemukan di gudang.

Kembali pada tahun 1913, film ini ternyata mendapat pujian "Moving Picture World," sebuah publikasi perdagangan mingguan yang dikirim ke distributor film, sebagai "sebuah drama perang besar" dengan adegan pertempuran hidup.

Francis Ford, yang meninggal pada 1953 pada usia 72, lebih dikenal berperan kebanyakan di sedikitnya 30 film adiknya, "sering memainkan sebagai pemabuk yang bisa meludah keluar ruangan," kata Tag Gallagher, penulis buku "John Ford."

The Ford berasal dari Portland, Maine. Francis Ford, yang memperkenalkan John Ford untuk berbisnis, memang terkenal sebagai sutradara dan bintang film, membuat berbagai film bisu sampai Perang Dunia I, kata Gallagher. Ketika John Ford mulai menyutradarai, ketenarannya dibayangi saudaranya.

Penggemar film tua mungkin ingat Francis Ford dalam adegan seperti juri mabuk di film ”Young Mr.Lincoln" tahun 1939, yang dibintangi Henry Fonda, dan seorang pria tua yang ajaib naik dari ranjang kematiannya untuk melihat perkelahian klimaks dalam film "The Man Quiet" 1952, yang dibintangi John Wayne.

Selama era film bisu, Francis Ford adalah salah satu dari banyak aktor yang memerankan Lincoln, kata Reinhart. "Dia bukan pemeran Lincoln yang sangat baik, dia agak pendek dan gemuk," katanya. Menurut Reinhart, Lincoln lebih baik digambarkan oleh orang lain pada era itu, seperti Frank McGlynn dan Benyamin Chapin.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Film Buatan Tahun 1913 Tentang Abraham Lincoln Ditemukan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...