Sunday, April 18, 2010

Camilan Dari Rumput Laut Yang Tak Bikin Gemuk


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Rabu, 24 Maret 2010 | Banyak wanita yang tengah melakukan diet mengikis lemak tubuh tak mampu menahan berbagai godaan. Mereka tak kuasa menghindar dari nikmatnya camilan berlemak seperti biskuit, permen, yogurt, kue-kue mungil, dan junk food.

Bermula dari pola itu, sejumlah ilmuwan dari Newcastle University, Inggris, menemukan terobosan baru dengan menciptakan bahan makanan sehat berbahan dasar rumput laut. Bahan ini bisa diolah menjadi camilan sehat bagi mereka yang tengah menjalani program penurunan bobot tubuh.

Bahan makanan mengandung serat rumput laut itu bisa dimanfaatkan untuk olahan biskuit, cokelat, yogurt, permen, aneka kue, dan roti. “Ini merupakan makanan ajaib, karena serat yang diekstrak dari rumput laut mampu menurunkan berat badan,” kata seorang peneliti seperti dikutip dari laman Dailymail.co.uk.

Bahkan para peneliti mengatakan, kandungan serat yang ditemukan dalam rumput laut lebih efektif ketimbang suplemen penurun berat badan yang banyak digunakan untuk menghentikan penyerapan lemak makanan di tubuh.

Dalam penelitiannya, para peneliti melihat bagaimana 60 jenis serat yang berbeda digunakan dan diujicoba untuk mencegah tubuh menyerap lemak. Kandungan alginat dalam rumput laut terbukti mampu mengentalkan dan menstabilkan makanan.

Alginat efektif memperkuat perlindungan alamiah dari dinding usus (mucus) sehingga dapat memperlambat pencernaan, dan pelepasan gizi di dalam tubuh. Alginat juga mengandung serat tinggi dan mineral penting yang mudah dicerna, enak dan aman. Selama ini, alginat banyak digunakan sebagai bahan jelly, perekat makanan bertepung, serta bahan pengental pada produk minuman semacam bir, es krim, dan krim yogurt.

Konfrensi American Chemical Society juga telah menyatakan, alginat mampu memotong penyerapan lemak hingga 75 persen. Seorang peneliti, Dr Iain Brownlee, berkata, "Saya akan setuju bahwa orang harus makan lebih sehat dan berolahraga lebih banyak saat diet. Tetapi mereka tidak melakukan itu, bisa mengonsumsi produk makanan ringan yang diolah dari ekstrak rumput laut."

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Camilan Dari Rumput Laut Yang Tak Bikin Gemuk”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...