Wednesday, April 21, 2010

Bayi Prematur Terlahir Tanpa Cacat Saat Buang Air Besar


www.AstroDigi.com

Detik.com | Rabu, 14 April 2010 | Seorang bayi prematur keluar dari rahim ketika si ibu sedang duduk di toilet duduk. Si Ibu langsung gemetar ketika tahu bayinya sudah meluncur ke mangkok toilet karena tidak pernah ada tanda-tanda kontraksi.

Begitulah peristiwa dramatis yang dialami Tamara Richardson, perempuan 29 tahun yang tinggal di Melbourne Australia. Yang lebih ajaib, bayi itu bertahan hidup dan memiliki tubuh sempurna meski dilahirkan dalam usia 4 bulan.

Seperti dikutip KnoxLeader, Rabu (14/4/2010), kejadian tersebut berlangsung di toilet rumah sakit Monash Hospital beberapa jam setelah si ibu dipindah dari Angliss Hospital.

Sebelumnya, si ibu dirawat di rumah sakit Angliss Hospital karena mengalami pecah ketuban pada 6 Maret 2010. Saat itu kandungannya baru berusia 21 minggu dan dokter memperingatkan jika bayinya lahir sebelum 23 minggu, si bayi akan kesulitan untuk bertahan hidup.

Karena kondisinya yang tidak memungkinkan itu, si ibu tetap di rawat di rumah sakit hingga menunggu sang bayi berusia 23 minggu jika akan dilahirkan prematur.

Si ibu kemudian dipindahkan ke Monash Hospital yang memiliki peralatan yang lebih lengkap pada 22 Maret 2010. Tapi baru 3 jam dipindahkan ke rumah sakit, si jabang bayi langsung lahir ketika si ibu sedang ada di toilet.

Tamara mengaku sangat ngeri melihat bayinya mengambang di toilet. Dengan gemetar dia memencet tombol darurat dan kemudian perawat mengangkat si bayi dari mangkok toilet dan kemudian memotong tali pusatnya untuk segera diberikan pertolongan darurat.

"Aku bahkan tidak tahu dia telah keluar. Aku panik dan hanya bisa menekan tombol darurat," kata Tamara. Bayi yang diberi nama Kian Richardson itu lahir dengan panjang 33 cm dan berat 695 gram.

Si bayi kini berusia 3 minggu dan berhasil mengatasi infeksi paru. Si bayi diberikan transfusi darah selama beberapa hari. Hasil scan otak juga menunjukkan tidak ada kerusakan alias otak si bayi sempurna. Bayi Kian masih harus dirawat di rumah sakit hingga berat badannya minimal 1,8 kg.

Seperti dikutip dari Pregnancy, bayi dikatakan lahir prematur jika kelahiran terjadi sebelum 37 minggu dengan berat badan kurang dari 2 kg. Penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah antara lain:

1. Akibat konsumsi alkohol
2. Terpapar asap rokok saat hamil
3. Penggunaan obat-obatan secara teratur
4. Gizi buruk
5. Stres dan ketakutan yang berlebihan
6. Ibu yang berat badannya rendah
7. Kelainan genetik
8. Menderita penyakit kronis
9. Kurangnya perawatan saat hamil
10. Waktu kehamilan yang dekat dengan sebelumnya.


Bayi dengan berat badan rendah memiliki banyak kebutuhkan khusus agar dapat bertahan hidup, karenanya seringkali bayi diletakkan di ruang NICU (neonatal intensive care unit) untuk membatasi tekanan pada bayi serta memenuhi kebutuhan dasar bayi seperti kehangatan, nutrisi dan menunjang pertumbuhan serta perkembangannya.

Selain dengan bantuan NICU, sang ibu juga bisa membantu pemulihan kondisi sang bayi dengan cara menyusui. Memberikan ASI secara eksklusif merupakan cara terbaik dalam memberikan bayi makan.

Definisi bayi prematur adalah:
1. Semua bayi dikategorikan prematur jika lahir sebelum 37 minggu
2. Prematur moderat jika lahir antara minggu 35 dan 37
3. Sangat prematur jika lahir antara minggu ke-29 dan 34
4. Ekstrim prematur jika lahir kurang dari 29 minggu
5. Berat badan bayi rendah jika kurang dari 2,5 kg
6. Berat badan sangat rendah jika kurang dari 1,5 kg
7. Berat badan ekstrim rendah kurang dari 1 kg

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Bayi Prematur Terlahir Tanpa Cacat Saat Buang Air Besar”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...