Wednesday, April 21, 2010

Bayi Prematur Terkecil Di Dunia Terlahir Di Jerman


www.AstroDigi.com

Detik.com | Senin, 8 Maret 2010 | Pernahkah terbayangkan apa yang terjadi jika seorang bayi dilahirkan dengan berat tak lebih dari sekaleng soft drink? Seorang bayi laki-laki diyakini sebagai bayi laki-laki prematur terkecil di dunia.

Bayi laki-laki asal Jerman lahir pada usia kehamilan 25 minggu dengan berat badan hanya 9 oz atau 275 gram serta panjang tubuhnya dari kepala hingga ujung kaki hanya sepanjang kertas A4 saja.

Para dokter mempercayai bocah ini sebagai bayi laki-laki prematur terkecil yang bisa bertahan hidup di dunia. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, maka tim dokter di Jerman memberinya nama panggilan "Tom Thumb".

Rekor bayi laki-laki prematur terkecil sebelumnya dipegang oleh Tyler Martin yang lahir di New Jersey, Amerika Serikat pada tahun 2004. Martin lahir dengan memiliki berat badan 11 oz (320 gram), sedangkan untuk bayi perempuan prematur terkecil memiliki berat badan 8 oz (244 gram).

Sebelumnya para dokter percaya bahwa bayi yang lahir dengan berat badan di bawah 12 oz (350 gram) tidak akan dapat bertahan hidup. Tapi bayi laki-laki ini yang memiliki berat hanya sepertiga dari berat soft drink bisa bertahan untuk hidup.

Tom thumb dilahirkan melalui operasi caesar di University of Medicine di Goettingen, Jerman pada Juni 2009. Pada minggu ini dokter memutuskan bahwa ia sudah cukup kuat untuk dibawa pulang oleh orangtuanya.

"Setelah mempelajari semua dokumen yang relevan, kita dapat menyatakan dengan pasti bahwa ia adalah bayi terkecil di dunia yang mampu bertahan hidup. Saat ini hanya tercatat tiga bayi yang tercatat memiliki berat badan sangat rendah dan bisa bertahan hidup, tapi semuanya adalah perempuan," ujar Stefan Weller, juru bicara universitas, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (8/3/2010).

Selama 24 jam setiap harinya, bayi ini selalu berada di dalam inkubator dan dihubungkan dengan selang makanan, tabung pernapasan, monitor jantung, kateter dan selang lainnya untuk menopang hidupnya. Hari demi hari ia semakin kuat hingga akhirnya dokter mengizinkan orangtua untuk membawanya pulang pada minggu ini. Namun orangtua meminta pihak rumah sakit untuk merahasiakan identitas anaknya.

"Saya pikir anak ini adalah seorang pejuang, karena bisa bertahan hidup. Dia paling rentan saat organ-organnya belum berkembang secara sepenuhnya, tapi sekarang ia adalah bayi dengan berat badan yang normal dan sehat dalam segala hal," ujar Dr Stephen Seeliger, seorang ahli dalam hal bayi prematur.

Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan sebelum waktunya dan memiliki berat badan di bawah 2 kilogram. Karenanya bayi prematur harus diletakkan dalam inkubator untuk membantunya bertahan hidup dan mudah dipantau. Bayi prematur bisa dibawa pulang jika berat badannya sudah mencapai 2 kilogram serta fungsi organ tubuhnya sudah optimal.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Bayi Prematur Terkecil Di Dunia Terlahir Di Jerman”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...