Wednesday, April 30, 2014

ABBA Band Legendaris Asal Swedia

www.AstroDigi.comAstroDigi.com | Jumat, 25 Apr 2014 | Pada era 70-80an ABBA band asal Swedia ini sangat terkenal di tanah air. Corak lagu ABBA yang variatif, pop, ringan dan enak didengar ini membuat para pecinta musik banyak yang menggandrunginya.

ABBA menyatakan secara resmi berdiri pada tahun 1972, meskipun kegiatan awal group ini sudah dimulai sejak 1970an, saat pasangan Agnetha dan Bjorn mengajak parner panggung mereka untuk bergabung dalam satu band.



www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com ABBA beranggotakan Agnetha Faltskog, (Anni) ‎Frida Lyngstad, ‎Bjorn Ulvaeus, ‎Benny Andersson. Nama ABBA diambil dari inisial panggilan mereka yaitu Agnetha, Benny, Bjorn, Anni yang kemudian disingkat menjadi ABBA.

ABBA mencapai sukses yang luar biasa didunia musik pop, secara komersial bisa dikatakan belum ada band lain yang menyamainya hingga saat ini. Era 70-80an adalah era kedua dari era keemasan musik, setelah era 60-an lewat.

Pada masa itu band band baru lahir dengan berbagai pesona dan corak lagu. ABBA yang mengusung jenis musik Pop, Rock, dan sedikit lagu berbau disco eropa (eurodisco). ABBA merajai kancah musik sejak 1975 hingga 1982.

Pada masa awal group ini, keempat personilnya saling jatuh cinta satu sama lain, dan berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Agnetha menikah dengan Bjorn dan Anni dengan Benny. ABBA adalah group musik pertama yang berasal dari negara "tidak berbahasa Inggris" yang menuai sukses mendunia.

Lebih dari 380 juta album maupun single mereka laris terjual diseluruh dunia. Remaja jaman sekarang mungkin tidak mengenal ABBA, namun coba dengarkan lagu "I Have A Dream" yang dibawakan oleh Westlife, itu adalah lagu dari ABBA yang didaur ulang.

Berbagai film juga banyak yang masih menggunakan lagu ABBA sebagai soundtrack-nya. Lagu Mamma Mia, malah menjadi theme song utama dari film dengan judul yang sama. Meskipun aktifitas group ini sudah berlangsung sejak tahun 1970an namun baru pada 26 September 1972 mereka memutuskan untuk membuat rekaman bersama dan meresmikan ABBA sebagai group band.

Rekaman perdana mereka "Nina Pretty Ballerina" langsung melejit merajai top chart di Sewdia dan bahkan juga sampai ke Austria. Disusul kemudian dengan album berikutnya "Ring Ring",  kemudian "Waterloo" merajai ke seluruh Eropa dan berlanjut hingga ke Amerika, Amerika Latin, Afrika Selatan, hingga ke benua Asia, termasuk Indonesia.

Single hits mereka juga tidak kalah suksesnya. "Honey honey", "I do I do I do I do", "Mamma Mia", "SOS", "Dancing Queen" dan "Fernando" juga menghasilkan penjualan hingga jutaan copy dan bertengger hingga berbulan bulan di tangga top 100.

Berbagai penghargaan dan nominasi juga berhasil mereka sabet, mulai dari EuroVision Song Contest, BRIT Award, Golden Lion Prize Radio Luxemburg, Edison Award (semacam Grammy versi Belanda), Golden Gramaphone Award, dan belasan lainnya. ABBA juga mencatatkan diri di Hall of Fame, New York, museum khusus, tempat dimana ratusan musisi dan artis legendaris mencatatkan namanya,

Sayangnya ABBA kemudian bubar pada tahun 1982, menyusul bubarnya rumah tangga dari kedua pasangan personil ABBA ini. Agnetha dan Bjorn bercerai pada tahun 1979 kemudian disusul Anni dan Benny yang bercerai dua tahun kemudian. Perceraian mereka ternyata berdampak pada kenyamanan mereka untuk tampil bersama, sehingga berakibat bubarnya ABBA.

Pada 11 Desember 1982, hanya dua minggu menjelang natal pada acara TV "The Late, Late Breakfast Show" yang disiarkan langsung dari Stockholm, para personil ABBA mengumumkan pembubaran group mereka yang diiringi oleh air mata dari jutaan penggemar mereka diseluruh dunia.

Masing masing personil ABBA kemudian bersolo karir dan menghasilkan penjualan album yang cukup baik meskipun masih dengan angka penjualan yang terpaut jauh dibandingkan saat masih bersama ABBA. Agnetha dan Anni sempat berduet dan tampil sepanggung demikian juga dengan Bjorn dan Benny yang juga sempat melakukan kolaborasi panggung bersama.

Meskipun banyak pecinta ABBA yang menginginkan para anggota band ini kembali bergabung tapi pada kenyataannya para personilnya justru enggak untuk melakukan "reunited". Bahkan setelah ABBA bubar, mereka hanya sempat 2 kali tampil dalam sesi dimana mereka berfoto bersama. Salah satunya adalah saat peluncuran film Mamma Mia.

Kumpulan lagu lagu ABBA sempat beberapa kali direkam ulang dan diluncurkan dengan tajuk "Greates Hits", "The Best of ABBA", "ABBA Gold" dan berbagai album kompilasi dengan musisi lain, cukup menghasilkan penjualan yang luar biasa. Bahkan "Greatest Hits" sempat membuat lagu ABBA kembali bertengger di UK Top chart.
Kini ABBA hanya tinggal kenangan dan legenda indah dari sejarah musik dunia.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)