Sunday, April 20, 2014

Tentang Ikan Lele Dan Manfaatnya Yang (Mungkin) Anda Belum Ketahui

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 19 Apr 2014 | Ikan Lele (Clarias Batrachus) yang lezat disantap dalam bentuk pecel atau disajikan dalam gorengan tepung ternyata mempunyai banyak manfaat.

Tepung ikan lele merupakan bahan dasar yang setelah dicampur dengan berbagai bahan lain di dunia farmasi dapat diramu sebagai obat untuk mengobati datang bulan (menstruasi) tidak teratur, mimisan, kencing berdarah, dan juga asma.

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com Ikan lele juga merupakan ikan yang tergolong kuat (tidak mudah mati), dapat hidup diperairan yang dangkal dan juga perairan yang berlumpur seperti persawahan. Ikan lele di persawahan dapat dimanfaatkan sebagai pemangsa hama & serangga air. Sehingga padi dapat tumbuh lebih sehat.

Ikan Lele yang bertubuh licin dan berwarna hitam, adalah ikan yang biasa mencari makan dimalam hari. Oleh karenanya apabila memelihara ikan lele sebaiknya tempatkan diruang yang gelap agar ikan lele lebih sering makan dan cepat besar,

Tidak semua ikan lele punya berpenampilan "jelek", ada jenis ikan lele yang juga punya penampilan cantik, dengan kulit bergaris garis, ada juga yang berwarna kuning dengan totol totol oranye, dan lain sebagainya. Jadi selain sebagai bahan makanan lele juga bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias juga.

Musim hujan adalah musim dimana ikan lele biasanya melakukan perkawinan. Meskipun ikan lele dapat hidup di perairan dangkal dan berlumpur namun pada saat debit air cukup tinggi barulah ikan lele gemar melakukan perkawinan.

Ikan lele jantan dapat dikenali dengan ukuran kepala dan tubuhnya yang lebih ramping dibandingkan betinanya. Warna tubuh bagian bawahnya juga lebih gelap dibandingkan betinanya. Pejantan biasanya berenang lebih lincah kesana kemari, sedangkan lele betina lebih senang berenang perlahan.

Alat kelamin lele jantan bila diamati akan tampak sedikit berwarna kemerahan sedangkan alat kelamin lele betina berwarna kekuning kuningan. Seperti halnya ikan jenis lain, pada musim kawin ikan lele akan tampak berpasang pasangan dan saling berkejar kejaran sesama pasangannya.

Ikan lele juga dapat dihinggapi penyakit, penyakit yang paling sering menghinggapi ikan lele adalah penyakit jamur. Jamur yang menggerogoti kulit lele dapat membuat lele lemah dan mudah mati.

Itulah sebabnya dalam kolam pemeliharaan biasanya ikan lele muda dimasukkan dulu kedalam kolam yang bercampur formalin untuk meningkatkan kekebalan lele terhadap bakteri.

Ikan lele akan mencapai usia dewasa penuh pada usia 7 bulan. Bobot tubuh lele dewasa berkisar 200 gram. Namun untuk lele dumbo asal Afrika, bobot tubuhnya setelah dewasa dapat mencapai 1 kilogram lebih.


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Tentang Ikan Lele Dan Manfaatnya Yang (Mungkin) Anda Belum Ketahui”


Post a Comment