Tuesday, April 22, 2014

Bingham Canyon Mine, Pertambangan Terluas Di Dunia

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 19 Apr 2014 | Di wilayah Salt Lake County, Utah, Amerika Serikat, terdapat pertambangan tembaga raksasa seluas 8.094 kilometer persegi  Luas tambang tersebut berarti setara dengan 12 kali lipat luas kota Jakarta.
Setelah digali selama lebih dari seratus tahun, kedalaman galian sudah mencapai 4 kilometer. Luar biasa!

Karena begitu besarnya, apalagi ditambah dengan lingkungan pertambangan yang memang terpisah dengan pemukiman, membuat Bingham Canyon Mine dapat terlihat langsung dari luar angkasa lewat satelit cuaca.

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com Pertambangan ini dibuka pada tahun 1906 oleh Daniel C. Jackling dan Enos A. Wall yang saat itu memimpin perusahaan pemilik lahan yaitu: Utah Copper Company, dalam pengelolaannya tambang ini sudah beberapa kali mengalami merger dan berpindah tangan dan saat ini dimiliki oleh perusahaan raksasa Rio Tinto, yang bermarkas di Inggris.

Setiap bulannya tambang ini mampu memproduksi tembaga sebanyak 1.420 ribu ton tembaga dengan nilai lebih dari 150 juta dollar. Dengan produksi tembaga sebanyak itu Bingham Canyon Mine mampu memasuk 13% hingga 18% dari seluruh kebutuhan tembaga untuk Amerika.

Bingham Canyon Mine, juga menghasilkan emas, perak dan molybdenum (sejenis bahan metal keras yang juga lebih tahan panas dibanding metal biasa).
Pertambangan yang ada saat ini akan berakhir (expire) pada tahun 2019 dan Rio Tinto berencana akan membuka pit baru dibelahan selatan, sehingga pertambangan akan dapat berlanjut hingga tahun 2030.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)