Sunday, June 26, 2011

Precil, Katak Super Mungil Dari Jawa


www.AstroDigi.com

Wikipedia.org | Precil Jawa adalah sejenis kodok mini dari suku Microhylidae. Nama ilmiahnya adalah Microhyla achatina. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Javan Chorus-frog.

Kodok yang berukuran mini disebut precil, yang dalam bahasa Jawa berarti kodok kecil atau anak kodok. Hewan dewasa berukuran sekitar 2 cm dari ujung moncong hingga anusnya

www.AstroDigi.com


Sisi punggung (dorsal) berwarna coklat muda kekuningan atau agak kemerahan, dengan pola-pola simetris sedikit menyerupai bentuk anak panah. Kadangkala sejalur garis putih tipis berjalan dari moncong ke anus lewat sebelah atas tulang punggungnya.

www.AstroDigi.com


Habitat dan Penyebaran

Kodok ini biasa ditemukan di hutan-hutan primer dan sekunder, kadang-kadang melanglang keluar hingga ke lingkungan pemukiman manusia seperti di sawah-sawah, kebun dan pekarangan rumah.

www.AstroDigi.com


Beberapa ekor kodok jantan yang berdekatan seringkali berbunyi bersamaan, bersahut-sahutan serupa koor (chorus), dengan bunyi suara mirip jangkerik: trr-rr-rreek.. trr-rr-rreeek ! berulang-ulang. Bunyi panggilan ini ramai terdengar sesaat setelah gelap.

Makanannya terutama semut, anai-anai dan banyak jenis serangga kecil lainnya yang merayap-rayap di antara serasah. Kodok betina meletakkan sekitar 20 butir telur di genangan air yang menetap seperti di kolam, rawa, dan parit yang tidak mengalir.

Precil Jawa bersifat endemik di Pulau Jawa. Ditemukan menyebar di sepanjang pulau, mulai dari Jawa Barat (Banten, Bogor, Sukabumi, Cibodas, Lembang, Bandung, Gunung Papandayan, Gunung Ciremai, Kuningan, hingga Leuweung Sancang dan Pangandaran), Jawa Tengah (Gombong, Wonosobo), sampai ke Jawa Timur (Tuban, Pegunungan Tengger).

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Precil, Katak Super Mungil Dari Jawa”


Post a Comment