Friday, May 29, 2015

Mengapa Muncul Gelembung Udara Pada Air Mendidih?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 29 Mei 2015 | Setiap hari saya membiasakan diri menyantap havermut (bubur gandum) dan untuk membuatnya saya harus mendidihkan air. Ada hal biasa yang menggelitik pikiran saya saat melihat gelembung udara yang keluar dari wadah kaca tempat saya mendidihkan air, sejak awal proses pemanasan, sampai saat air mendidih.

Dari mana udara tersebut berasal, setelah browsing kesana kemari saya mendapatkan berbagai jawaban, dari yang sederhana sampai yang teknis. Inti jawabannya adalah:

1. Energi panas yang masuk menyebabkan senyawa H2O menjadi terurai, karena H (hidrogen) dan O (oksigen) sama-sama bebentuk gas maka saat terurai mereka akan keluar dari air dalam bentuk gas yang tampak seperti gelembung yang naik ke permukaan. Molekul terurai karena pergerakan mereka menjadi lebih cepat saat masuknya energi panas.

2. Proses berubahnya zat cair menjadi gas adalah proses PENGUAPAN. Penguapan bukan hanya bisa terjadi dengan proses pemanasan. Tetapi bisa terjadi dengan cara:
- Pemanasan
- Perluasan permukaan
- Peniupan gas kepada cairan
- Penurunan tekanan
- Penyemburan

Demikian artikel singkat saya, sebagai sharing kecil-kecilan, semoga bermanfaat..have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)