Thursday, May 28, 2015

Khawatir Dengan Beras Plastik? Ikuti 5 Cara Mendeteksinya Disini

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 28 Mei 2015 | Belakangan ini marak sekali berita mengenai beredarnya beras palsu dari bahan dasar plastik, meskipun masih diseliki motif penyebaran beras plastik ini (mengingat harta plastik masih lebih mahal dari beras, maka tidak mungkin motif mencari keuntungan secara ekonomi yang melatar belakangi aksi penyebaran beras palsu ini), namun sudah ada korban yang berjatuhan karena keracunan saat mengkonsumsi beras plastik tersebut.

Ikuti 5 cara berikut ini untuk mendeteksi adanya campuran (oplosan) beras plastik dalam beras yang anda beli. Setiap kali anda membeli beras ambil saja segenggam beras sebagai sampel untuk anda uji, kemudian anda pilih salah satu (atau lebih) pengujian dibawah ini:

1. Masukkan Kedalam Air
Dengan merendam beras kedalam air maka otomatis bila didalamnya terdapat kandungan plastik akan mengambang, karena berat jenis plastik yang lebih rendah.

2. Lihat Yang Mengkilap
Plastik tidak mempunyai kandungan karbohidrat maka akan tampil lebih mengkilat dibandingkan dengan beras asli, dan tampak berkapur.

3. Patahkan!
Ini biasanya merupakan tindakan lanjutan dari aksi point 2. Bila anda mencurigai ada butiran plastik coba saja anda patahkan, kalau beras asli akan mudah patah, sedangkan beras plastik akan bengkok (melengkung) saat coba dipatahkan.

4. Bakar!
Siapkan wadah untuk membakar beras, siram sedikit dengan bensin/spiritus/minyak tanah, kemudian bakarlah sebentar saja! Beras asli akan hangus menghitam, sedangkan beras plastik akan melengkung, menyusut seperti layaknya plastik leleh yang dibakar.

5. Setrika!
Cara ini sebenarnya mirip seperti cara pada point 4. Hanya saja lebih simpel, hamparkan saja beras pada lembaran koran atau kertas, kemudian setrikalah dengan setrika panas. Sama seperti pada saat dibakar, panas dari setrika akan membuat beras plastik melengkung, menyusut dan hangus lebih cepat dibandingkan beras asli.

Demikian sedikit share dari saya, semoga dapat membantu pembaca untuk mengurangi kegelisahan dan kegundahan akibat beredarnya beras plastik, dan supaya anda tidak kapok makan nasi tentunya .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)