Friday, May 22, 2015

Dengan Evernote, Catatan Anda Aman Dan Dapat Saling Tersinkronisasi

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 22 Mei 2015 | Apakah anda tipe orang yang senantiasa perlu membuat catatan secara "mobile" (tidak menetap disatu lokasi)? Dan apakah dalam bekerja secara mobile tersebut anda menggunakan lebih dari satu "device" (smartphone, PC, laptop, dll)??

Bila jawaban anda untuk kedua pertanyaan diatas adalah: YA. Maka mungkin Evernote bisa membantu memudahkan tugas-tugas anda.

Evernote adalah aplikasi word processor (pengolah kata atau pencatat tulisan) yang fungsi dasarnya mirip dengan MS Word dari Microsoft. Namun ada beberapa yang pada Evernote lebih ditonjolkan lagi, mengingat Evernote adalah aplikasi yang ditujukan bagi perangkat mobile:

1. Evernote dilengkapi dengan fasilitas untuk menyisipkan (inserting) gambar yang diambil langsung dari kamera HP, tentunya untuk menyisipkan gambar dari galeri (sama seperti fungsi pada MS Word) juga bisa.

2. Evernote dilengkapi dengan fasilitas untuk menyisipkan suara. Baik yang diambil langsung dari microphone HP, maupun sumber suara yang sudah tersimpan pada lokasi penyimpanan (storage) HP.

3. Dalam kasus dimana user ingin memberikan notasi dan tanda khusus pada gambar yang disisipkan, tersedia fasilitas bernama: Mark Up. Salah satu contoh pemanfaatan Mark Up: user dapat membubuhkan caratan, tulisan atau tanda tangan pada dokumen hasil scan yang diterima di HP.

4. Evernote dilengkapi dengan fasilitas untuk menyisipkan video. Baik yang diambil langsung dari kamera HP, maupun sumber video yang sudah tersimpan pada lokasi penyimpanan (storage) HP.

5. Evernote dilengkapi dengan fasilitas sinkronisasi data. Kegunaannya adalah untuk mensinkronkan data pada semua device yang menginstal Evernote, jadi salah satu saja diedit isinya maka yang lain akan ikut berubah. Syarat sinkronisasi antar device adalah kesemuanya harus login diakun email yang sama.

6. Evernote menyediakan fasilitas TAG (penanda) untuk memudahkan user mengelompokkan notes (pesan-pesan).

7. Evernote menyediakan fasilitas reminder, yang dapat difungsikan sebagai alarm atau pengingat bagi user.
Misal: rapat dengan kepala sekolah tanggal 2 Mei 2013.

8. Evernote juga menyediakan fasilitas "share", untuk mempermudah user membagikan tulisannya kepada keluarga, teman, atau siapapun.
Jadi apabila anda membuat catatan pada sebuah meeting, maka diakhir meeting anda bisa membaginya kepada sesama peserta meeting..simpel bukan?

Selebihnya adalah fasilitas yang umum, yang biasanya juga tersedia pada aplikasi word processor lainnya, seperti: Bold, Italic, Checkbox, Bullet, Number, dan lain sebagainya.

Jadi .. dengan banyaknya fasilitas yang disediakan oleh aplikasi berlogo kepala gajah ini, tidak ada salahnya anda mencobanya..have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)