Thursday, April 17, 2014

Reinhold Messner, Pendaki Gunung "Super"

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 16 Apr 2014 | Reinhold Messner, adalah pria berkebangsaan Italia yang sukses menaklukan berbagai puncak gunung tertinggi didunia. Dimana bagi pendaki biasa, menaklukan puncak tertinggi adalah pekerjaan yang luarbiasa sulit bahkan banyak diantaranya tewas saat pendakian.

Messner yang lahir di Bixen, Italia pada tanggal 17 September 1944, adalah pendaki legendaris dan merupakan pendaki gunung dengan prestasi paling hebat dan paling fenomenal sepanjang sejarah. Bahkan banyak pendaki seniorpun mengkategorikan prestasinya sebagai sebuah keajaiban.

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com Messner fasih berbicara dalam 3 bahasa sekaligus Italia, Jerman dan Inggris. Ia juga menuliskan berbagai buku yang mengisahkan tentang perjalanannya dan juga tentang trik dan teknik mendaki, yang membuatnya bisa sukses menaklukan berbagai puncak gunung tertinggi dunia.

Ayahnya Josef Messner adalah seorang guru yang keras dan ketat dalam mendidik anak-anaknya. Messner mempunya 8 orang saudara laki-laki dan hanya mempunyai seorang saudara perempuan.

Sejak usia belasan tahun Messner sudah mencintai dunia pendakian. Ia tidak sendirian di keluarganya, adiknya Ghunter juga seorang pendaki ulung. Mereka berdua dikenal sebagai pendaki ulung sejak usia belasan tahun.

Mereka terinspirasi oleh prestasi dari Hermann Buhl, pendaki legendaris asal Austria pada era 50an yang berhasil menaklukan Everest dan puncak tertinggi lainnya. Meniru gaya pendakian Buhl, Messner melakukan pendakian dengan peralatan pendakian yang lebih sedikit dibandingkan dengan peralatan pendakian para pendaki puncak tinggi pada umumnya.

Meski telah beberapa kali melakukan pendakian di gunung Everest, namun baru pada tahun 1970 Messner melakukan pendakian hingga ke puncak Everest. Pendakian itu merupakan sukses Messner yang harus dibayar mahal. Adiknya Gunther tewas dalam perjalanan turun, dan Messner harus kehilangan 6 jari kakinya akibat frostbite (beku akibat dingin yang ekstrim).

Messner merupakan pendaki "super" karena berhasil mencapai puncak Everest tanpa tabung oksigen. Masih menjadi misteri bagaimana Messner sanggup bernafas dan melakukan aktifitas fisik yang berat dalam lingkungan dingin ekstrim dan level oksigen yang sangat tipis.

Sang "manusia super" ini juga merupakan satu satunya pendaki yang mampu melakukan berbagai pendakian solo (sendirian) tanpa dibantu pemandu, menuju puncak puncak gunung tertinggi. Bahkan dalam berbagai canda orang orang menyebutkan Messner mendaki gunung bagaikan orang berangkat ke supermarket saja :-).

Messner juga seringkali melakukan "turun gunung" tanpa mampir ke basecamp lagi. Ini adalah prestasi luarbiasa yang hanya bisa dilakukan oleh manusia dengan fisik yang juga luar biasa.

Berikut ini adalah daftar puncak gunung yang pernah ditaklukkannya, lengkap dengan tahun pendakian dan ketinggian puncaknya:

1970     Nanga Parbat (8,125)   
1972     Manaslu (8,163)   
1975     Hidden Peak (Gasherbrum I) (8,080)   
1978     Mount Everest (8,848), Nanga Parbat (8,125)
1979     K2 (8,611)   
1980     Mount Everest (8,848)
1981     Shishapangma (8,027)   
1982     Kangchenjunga (8,586), Gasherbrum II (8,034), Broad Peak (8,051)     1983     Cho Oyu (8,188)   
1984     Hidden Peak (Gasherbrum I) (8,080), Gasherbrum II (8,034)
1985     Annapurna (8,091), Dhaulagiri (8,167)   
1986     Makalu (8,485), Lhotse (8,516)

Sungguh sebuah prestasi dan rekor pendakian yang luar biasa dan nyaris mustahil disaingi oleh pendaki pendaki gunung lainnya.

Kini diusia tuanya Messner masih giat melakukan pendakian meski bukan puncak tertinggi, dan ia merupakan instruktur kehormatan diberbagai pelatihan pendakian skala internasional.

Messner juga sukses berkarir didunia politik. Ia menjadi anggota dewan kehormatan di Partai Hijau Italia (Federazione dei Verdi). Sejak tahun 1999 hingga 2004.
Lebih dari 63 buku, yang kebanyakan ditulisnya dalam bahasa Jerman diterbitkan dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa oleh berbagai penerbit diseluruh belahan dunia.

Messner juga penggagas dan pendiri Messner Mountain Museum (MMM), Museum tentang pendaki gunung dan juga didedikasikan bagi para pendaki yang tewas saat melakukan pendakian (termasuk adiknya Ghunter).


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Reinhold Messner, Pendaki Gunung "Super"”


Post a Comment