Monday, May 16, 2011

Mangalitza, Babi Berbulu Domba Dari Balkan


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Sabtu, 9 Apr 2011 | Untuk orang yang belum pernah melihat mangalitza sebelumnya, binatang ini tampak seperti binatang jadi-jadian. Karena meskipun sepintas tubuhnya mirip domba tapi wajahnya tampak jelas adalah . . babi.


www.AstroDigi.com

Meskipun “bulu-bulu domba”nya tampak seperti tempelan, tetapi asli lho! . . memang seperti itulah penampilan fisik dari mangalitza. Babi jenis ini banyak terdapat di wilayah Hungaria dan sebagian wilayah Balkan lainnya.

www.AstroDigi.com

Bulu-bulu lebatnya mempunyai beberapa macam warna, ada yang pirang (blonde), ada yang hitam, dan ada pula yang krem, dan ada pula yang berwarna merah. Bulu-bulu lebat mereka melindungi mereka dari cuaca dingin di habitat mereka.

www.AstroDigi.com

Nenek moyang babi ini adalah babi jenis Bakonyi dan Szalontai yang merupakan babi asli Hungaria, yang disilangkan dengan babi jenis Simadija dari Serbia, pada sekitar tahun 1830-an.

www.AstroDigi.com

Hasil persilangan dari ketiga jenis babi berbulu ini menghasilkan jenis babi baru yang berbulu lebih lebat yang kemudian dikenal dengan babi mangalitza ini.

www.AstroDigi.com

Seperti halnya babi biasa, babi mangalitza ini juga diternakkan. Hungaria memproduksi sekitar 60 ribu daging mangalitza per tahunnya untuk konsumsi lokal dan ekspor.
Binatang ini memasuki usia dewasa dan layak potong pada usia 10 hingga 13 bulan.

www.AstroDigi.com

Di Inggris mangalitza dinyatakan sebagai binatang langka dan dilindungi, sehingga tidak dikonsumsi sebagai hidangan.

www.AstroDigi.com

Sayang kebun binatang di Indonesia belum mendatangkan binatang ini sebagai bagian dari koleksinya, mungkin karena binatang ini tidak tahan tinggal di wilayah tropis.

www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Mangalitza, Babi Berbulu Domba Dari Balkan”

ninest123 08.18
chanel handbags, gucci handbags, longchamp outlet, true religion outlet, nike air max, replica watches, oakley sunglasses, louboutin uk, prada outlet, coach outlet, burberry factory outlet, true religion outlet, nike free, ralph lauren outlet, nike outlet, ralph lauren polo, ray ban sunglasses, michael kors, tory burch outlet, michael kors outlet, michael kors handbags, michael kors outlet online, michael kors outlet store, longchamp outlet, true religion outlet, michael kors outlet online, louboutin shoes, cheap jordans, tiffany jewelry, kate spade, kate spade outlet, coach outlet store online, oakley sunglasses, longchamp bags, burberry outlet, coach outlet, coach purses, prada handbags, ray ban sunglasses, christian louboutin, tiffany jewelry, oakley sunglasses, christian louboutin, nike air max

Unknown said...
on 

uggs outlet, juicy couture outlet, swarovski uk, uggs on sale, uggs outlet, pandora uk, ray ban, sac louis vuitton, uggs on sale, louis vuitton, louis vuitton uk, marc jacobs, supra shoes, replica watches, ugg uk, hollister, sac louis vuitton, ugg,uggs,uggs canada, lancel, pandora jewelry, montre pas cher, links of london uk, karen millen uk, louis vuitton, pandora charms, louis vuitton outlet, uggs on sale, ugg,ugg australia,ugg italia, doke & gabbana, converse shoes outlet, bottes ugg pas cher, coach outlet, swarovski jewelry, louis vuitton outlet online, louis vuitton, thomas sabo uk, ugg pas cher, wedding dresses uk, toms shoes, louis vuitton outlet, gucci, juicy couture outlet, louis vuitton handbags
ninest123 08.18

Unknown said...
on 

Post a Comment