Friday, December 25, 2015

WPS OFFICE SUITE, Aplikasi Office Alternatif Yang Gratis Namun Handal

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 25 Des 2015 | Bagi anda pengguna aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam bundel Microsoft Office, tentu tahu bahwa aplikasi ini selain berbayar (tidak gratis) juga harganya cukup mahal. Saat tulisan ini dibuat, satu bundel aplikasi MS Office 2013 sudah seharga USD 114,99 (sekitar 1,6 juta rupiah). Padahal banyak aplikasi gratis produksi vendor software lainnya, yang memang tidak setenar Microsoft, namun produknya mampu memberikan fungsi yang setara dengan MS Office.

Salah satu diantaranya adalah WPS OFFICE SUITE, aplikasi produksi dari Kingsoft Software ini menyediakan sebundel aplikasi yang terdiri dari WPS Writer aplikasi word processor yang tampilan dan fungsinya mirip seperti MS Word, WPS Spreadsheet yang tampilan dan fungsinya mirip seperti MS Excel, WPS Presentation yang tampilan dan fungsinya mirip seperti MS Power Point.

Aplikasi WPS Office Suite ini selain gratis, juga tersedia untuk pengguna PC maupun pengguna smarphone. Bagi pengguna PC bisa mendownloadnya di URL ini: http://www.kingsoftstore.com/download/setup_wps_office_121.exe
Sedangkan pengguna Android bisa mendownload via Google Play Store dengan mengetikkan kata kunci "WPS Office" pada kolom pencariannya.

Saya sendiri adalah pengguna aplikasi WPS Office Suite, dan untuk penggunaan pada PC saya tidak memerlukan penyesuaian apapun sejak beralih dari penggunaan MS Office ke WPS Office Suite ini. Dan untuk penggunaan di HP Android yang saya pergunakan, saya merasakan untuk fasilitas Writer-nya (aplikasi word processor) adalah yang paling nyaman untuk mengetik di smartphone, bila dibandingkan dengan aplikasi mobile word processor lainnya.

Sayangnya tidak semua fasilitas MS Office tersedia di WPS Office Suite ini, aplikasi MS Access yang sering saya pergunakan untuk bekerja tetap harus saya beli, karena tidak ada aplikasi substitusinya di WPS Office Suite. Tapi setidaknya untuk para staff yang hanya perlu ketiga aplikasi di WPS Office Suite, penggunaan aplikasi gratis ini sudah mampu menghemat anggaran software sampai belasan juta di kantor saya.

Jadi bila kantor anda juga ingin berhemat dalam anggaran software, silakan mencoba WPS Office Suite ini sebagai alternatifnya .. Selamat berkarya dan beraktifitas, have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “WPS OFFICE SUITE, Aplikasi Office Alternatif Yang Gratis Namun Handal”


Post a Comment