Thursday, December 24, 2015

Windows LIVE MOVIE MAKER, Aplikasi Pembuat Film Di Windows Versi Baru

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 24 Des 2015 | Bagi pengguna komputer ber-OS Windows, yang tidak pernah menggunakan Windows Movie Maker pada saat masih menggunakanan Windows XP, rasanya tidak pernah merasakan atau menyadari akan hilangnya fasilitas Windows Movie Maker dari bundel OS Windows yang lebih baru dari Windows XP (Vista, 7, 8, 10).

Padahal aplikasi pengolah video dan gambar ini sangat "user friendly" dan juga ringan dalam pengoperasiannya. Dibandingkan aplikasi sejenis yang disediakan oleh vendor software lainnya WLMM (Windows Live Movie Maker) ini terasa lebih gesit saat eksekusi. Sayangnya WLMM tidak dibundel jadi satu dalam OS Windows yang baru (setelah Windows XP).

Bagaimana Mendapatkan WMLL?

WMLL bisa didapatkan secara terpisah dari website resmi Microsoft. Caranya, user harus mendownload dulu sebuah file kecil (1,2 MB saja) dari URL: http://windows.microsoft.com/en-id/windows/movie-maker
Klik tombol DOWNLOAD NOW di kiri atas (tombol warna ungu). Bila langkah yang anda lakukan benar maka browser akan mendownload file dengan nama: wlsetup-web.exe.

Setelah file wlsetup-web.exe tersebut selesai anda download, maka eksekusilah file tersebut untuk menginstal aplikasi Windows Live Essential. Anda harus terhubung ke internet untuk menyelesaikan instalasi, karena file-file pelengkap akan didownload via internet selama instalasi berlangsung. Terdapat 5 buah aplikasi didalam bundel Windows Live Essential yaitu:
Windows Live Gallery (penampil galeri file gambar dan video)
Windows Live Writer (word processor, mirip seperti MS Word)
One Drive (penyimpan file di cloud storage)
Windows Live Movie Maker (mengolah gambar, suara dan video menjadi film)
Windows Live Mail (mengelola email masuk/keluar)

Bila anda tidak memerlukan aplikasi lain selain WLMM, maka anda bisa memilih opsi "custom" saat instalasi, pilih saja aplikasi mana yang ingin diinstal di OS anda.

Penggunaan WLMM sangat mudah dan sederhana, anda cukup melakukan drag and drop pada file gambar, file suara dan file video yang ingin dibuat menjadi film, dan hanya dengan sekali tombol "Save Movie" saja maka aplikasi akan otomatis memproses file menjadi film. Ukuran film juga bisa anda sesuaikan, apakah ingin berukuran kecil (untuk diputar di HP) atau ingin tampil berukuran besar (HD), tinggal anda pilih saja.

Jadi dengan WLMM, anda bisa membagikan foto-foto ataupun video yang sudah anda bagikan dalam bentuk film, sehingga lebih menyenangkan untuk dilihat oleh penerimanya, dibandingkan hanya berupa kiriman gambar-gambar diam saja.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Windows LIVE MOVIE MAKER, Aplikasi Pembuat Film Di Windows Versi Baru”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...