Wednesday, December 30, 2015

The Judge, Film Bertema Persidangan Yang Sarat Pesan Moral

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 30 Des 2015 | Dalam dunia peradilan, dimana para hakim, pengacara dan jaksa terlibat didalamnya, kehebatan seorang pengacara biasanya diukur dari kenerhasilannya dalam memenangkan perkara.

Ditangan seorang pengacara hebat seorang terdakwa dengan kesalahan besar dan bukti kesalahan segunungpun akan bisa diselamatkan, sehingga tidak perlu menjalani hukuman dengan nilai keadilan yang seharusnya.

Namun hal semacam itu tidak berlaku bagi hakim Joseph Palmer. Ia lebih mengagumi para penegak hukum yang dalam menjalankan profesinya benar-benar mendedikasikan pekerjaan demi tegaknya hukum.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Dalam film The Judge (sang hakim), yang tokoh utamanya adalah Joseph Palmer (Robert Duvall), seorang hakim senior, dan Hank Palmer (Robert Downey Jr), seorang pengacara kawakan yang terkenal handal dalam membela klien-nya.

Film ini berisi banyak pesan moral atau setidaknya kritik terhadap dunia peradilan dan bagaimana cara orang dalam memandang bagaimana sebuah keadilan seharusnya ditegakkan.

Terdapat sebuah dialog dimana Hank bertanya kepada Joseph, pengacara mana yang menurut Joseph adalah pengacara hebat, yang pernah dikenalnya selama Joseph berkarir sebagai hakim selama 42 tahun.

Jawaban Joseph benar-benar diluar dugaan Hank. Joseph mengatakan bahwa ia mengagumi Henry Swan, seorang pengacara yang bukan berpikir untuk memenangkan perkara dengan membebaskan klien-nya dari hukuman, tetapi lebih fokus terhadap tegaknya keadilan, dan terkuaknya kebenaran.

Keteguhan Swan dalam menghadapi cercaan yang datang karena sikapnya itulah yang mengundang kekaguman Joseph. Pendapat Joseph bagaikan sebuah tamparan telak bagi Hank. Sebagai pengacara terkenal yang ditakuti karena kepawaiannya dalam menggiring opini yang mampu membebaskan klien-nya, Hank kini justru disadarkan bahwa apa yang sudah ia lakukan keliru.

Dikisahkan kemudian Joseph harus menghadapi dakwaan pembunuhan, dan Hank kemudian tampil membela ayahnya. Joseph tidak menghendaki Hank membelanya dengan cara-cara yang diluar kebenaran, ia lebih suka harus menjalani hukuman bila terbukti bersalah, daripada melenggang bebas tetapi harus mendustai kebenaran.

Selama persidangan berlangsung inilah Hank belajar tentang hal-hal yang berbeda dengan apa yang sudah ia pelajari sebelumnya, terutama tentang esensi kebenaran dan keadilan.

The Judge memang sebuah film dengan dialog berkualitas yang saya anggap hadir disaat yang tepat, dimana saat ini berbagai proses penegakkan keadilan justru malah menindas mereka yang benar namun lemah.

Film bermutu yang pantas untuk ditonton dan dikoleksi DVD-nya sebagai bahan diskusi dan juga pendidikan moral.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “The Judge, Film Bertema Persidangan Yang Sarat Pesan Moral”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...