Saturday, December 12, 2015

Solid State Drive (SSD), Perangkat Pengganti HDD Yang Mulai Banyak Diaplikasikan Pada Netbook

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 12 Des 2015 | Saat ini penjualan komputer portable sudah jauh melampaui penjualan komputer dalam bentuk desktop. Jelas sekali dari segi total biaya, akan lebih menguntungkan membeli komputer portable seperti laptop, notebook, ataupun notebook, dibandingkan membeli satu unit CPU, plus monitor, plus keyboard dan mouse.

Dari segi dimensi unit komputer portable juga lebih menguntungkan, karena ruang untuk penempatannya lebih sedikit, bandingkan dengan komputer desktop yang perlu ruang untuk CPU, perlu ruang untuk monitornya dan ruang untuk penempatan keyboard dan mousenya. Belum lagi keuntungan lainnya, dimana komputer portable mudah untuk dijinjing kemanapun penggunanya bekerja.

Salah satu jenis komputer portable yang paling minim ukuran dan kelengkapan adalah jenis NETBOOK. Netbook biasanya hadir tanpa dilengkapi dengan DVD ROM, tanpa perangkat Bluetooth, dan saat ini yang paling minim adalah tanpa HDD (hard disk drive).

Sebagai pengganti HDD biasanya netbook jenis ini menggunakan perangkat yang disebut SSD (solid state disk). SSD mempunyai ukuran dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD, bobotnya juga lebih ringan dibandingkan dengan HDD. Namun untuk menekan harga jual biasanya netbook dibekali SSD dengan kapasitas hanya 20GB saja.

Memang saat saya browsing banyak sudah SSD yang dibuat dengan kapasitas yang setara dengan HDD. Dari hasil browsing saya menemukan SSD produk Samsung yang berkapasitas sampai 16 TB, namun barang tersebut masih belum umum, sehingga amsih sulit ditemui dipasaran, dan dengan sendirinya harga jualnya masih selangit mahalnya. Untuk SSD berukuran 128GB saja harga jual di pasaran saat tulisan ini dibuat adalah sekitar 1.500.000,- . Bila dibelikan HDD tentu sudah bisa diperoleh HDD berukuran 2TB.


Mengapa SSD bisa lebih mahal dari HDD? Apa keunggulannya?

SSD secara fisik mirip seperti halnya SDCard pada smartphone, bedanya SSD diciptakan agar mampu bekerja dengan kecepatan tinggi. Dan karena SSD bukanlah penyimpanan mekanik seperti pada HDD (penyimpanan pada HDD berupa piringan magnetik dan jarum pembaca), maka SSD tahan terhadap guncangan. Jadi bila netbook terguncang atau bahkan terjatuh, data pada SSD pasti masih bisa terbaca.


Bagaimana mengatasi kekurangan kapasitas pada SSD berkapasitas kecil?

Nah .. Bila dana anda terbatas dan anda ingin menginstal OS dan aplikasi yang butuh storage berkapasitas besar tentu ruang SSD yang 20GB tidak memadai untuk kebutuhan tersebut. Salah satu alternatif yang paling mudah adalah menginstal OS dan aplikasi di flashdisk.

Karena OS tidak bisa serta merta diinstal begitu saja di flashdisk, maka perlu aplikasi pendukung untuk instalasi di flashdisk, salah satu aplikasi tersebut adalah XP3SD!
Aplikasi ini diciptakan untuk membuat pengguna komputer bisa melakukan instalasi OS di flashdisk. Kabar baiknya aplikasi ini gratis, jadi anda tidak perlu repot membelinya, search engine akan menampilkan berbagai lokasi dimana anda bisa men-download aplikasi tersebut secara gratis.

Pada kesempatan lain saya akan berbagi mengenai cara instalasi XP3SD di netbook yang mempunyai SSD bawaan berkapasitas kecil.
Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Solid State Drive (SSD), Perangkat Pengganti HDD Yang Mulai Banyak Diaplikasikan Pada Netbook”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...