Thursday, December 31, 2015

Seberapa Besarkah Peluang Bisnis Di Dunia Maya?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 31 Des 2015 | Belakangan ini bisnis di dunia maya (internet) makin berkembang pesat, semenjak teknologi smartphone sudah berkembang juga sangat pesat, dan yang lebih penting adalah teknologi smartphone ini semakin terjangkau. Kalau dulu smartphone adalah barang mewah sekarang ini individu dari berbagai strata sudah dapat memiliki smartphone.

Dengan hadirnya Android plus aplikasi-aplikasi pendukungnya yang kebanyakan dapat di-download dan di-instal secara gratis, maka otomatis aplikasi yang terkait dengan transaksi jual beli di internet juga bertebaran. Saat ini berjualan di internet menjadi semakin mudah dan semakin banyak juga calon pembeli yang dapat dijangkau.

Menurut data yang dihimpun oleh APJII pengguna internet di Indonesia belum sampai penghabisan 2015 ini sudah mencapai lebih dari 74,6 juta pengguna. Pertumbuhan yang luar biasa, karena pada tahun 2000 pengguna intenet Indonesia baru sekitar 2 juta, dan pada tahun 2008 sekitar 25 juta. Sedangkan pengguna internet dunia saat ini adalah sekitar 31,7 miliar pengguna.

Lihat salah satu contohnya, toko online Bhinneka.com, yang didirikan oleh Hendrik Tio. Dengan modal awal sekitar 100 juta rupiah pada tahun 1999, saat ini omzet Bhinneka.com mencapai lebih dari 60 miliar per-tahun, angka penjualan yang sangat fantastis bukan?

Atau mari kita lihat Habibie Afsyah, seorang penderita cacat tubuh (difabel) yang sukses meraup income hingga puluhan juta per-bulan dari internet. Habibie Afsyah juga aktif sebagai pembicara pada beberapa seminar bisnis online. Ia juga mempunyai brand untuk produk kuliner dengan nama Mbah Sukun.

Kisah tentang pengusaha yang pailit saat berbisnis di dunia nyata, namun berhasil bangkit saat berbisnis online juga sudah banyak terjadi. Mulai dari pengusaha peralatan alat peraga pendidikan, pengusaha coklat, pengusaha pakaian, dan juga produk-produk lainnya, banyak yang sudah merasakan manisnya bisnis online.

Dalam sehari bila 10% saja dari total pengguna internet melakukan browsing, maka setidaknya lebih dari 7 juta pengguna Indonesia online, dan 3 miliar pengguna dunia online, sebuah angka yang fantastis dan merupakan peluang yang terbentang luas, bagi pasar bisnis online. Jadi bila angka penjualan dari bisnis non-online anda anjlok, mungkin sudah saatnya anda coba untuk kombinasikan dengan melakukan penjualan di dunia maya.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Seberapa Besarkah Peluang Bisnis Di Dunia Maya?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...