Wednesday, December 9, 2015

Membandingkan 3 Search Engine Di Dunia Maya

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 9 Des 2015 | Pada Era Tahun 90an dimana Google belum lahir saya biasa menggunakan kombinasi Yahoo dan Netscape sebagai mesin pencari (search engine), namun sejak tahun 2000 2 tahun sejak lahirnya Google (Google lahir pada tahun 1998), saya merasa lebih nyaman untuk mencari data dengan bantuan Google. Tampilannya yang simpel dan kecepatannya dalam penyajian data benar-benar memikat setiap orang yang memang membutuhkan cara tercepat untuk mendapatkan data yang dicarinya.

Dan setelah belasan tahun terbiasa mencari data menggunakan Google, saya mencoba untuk bernostalgia untuk mencoba lagi search engine lama saya yaitu Google dan AOL (dulu Netscape), dan mencoba membandingkan hasilnya. Karena kalau selama bertahun-tahun Google didaulat sebagai search engine terbaik tentu ada alasan kuat yang mendasarinya, tanpa perbandingan tentu kita tidak bisa mengetahui dimana perbedaannya. Berikut ini adalah hasil perbandingannya:

1.    Kecepatan
Kecepatan pencarian dari ketiga mesin pencari hampir sama apabila saya menggunakan internet dengan kecepatan tinggi (2Mpbs), namun kelihatan sekali kecepatan pencarian Google memang lebih cepat pada saat saya menggunakan internet dengan kecepatan rendah (128Kbps). Kemudian setelah itu peringkat berikutnya diikuti oleh AOL dan peringkat terakhir dalam pengujian saya tentu saja Yahoo (karena saya hanya menguji 3 search engine ini saja).

Kecepatan Yahoo sedikit lebih lambat dibanding kedua search engine yang lainnya kemungkinan disebabkan karena konten iklan di Yahoo ditampilkan lebih banyak dihalaman hasil temuannya. Google dan AOL tampil dengan jumlah teks yang lebih ringkas, dan hanya memajang iklah di posisi awal halaman hasil pencarian.


2.    Hasil Pencarian
Untuk pencarian umum, yang tidak mengacu pada pencarian pada situs tertentu, ketiga mesin pencari ini akan mendahulukan hasil dari website yang paling populer.
Untuk pencarian dalam kategori data yang sangat umum (general), misalnya saja saya mencoba menggunakan kata kunci “dangerous animals”, dimana pasti ada ribuan situs yang mengandung konten serupa maka hasil pencarian Yahoo justru terlihat paling variatif dibandingkan dengan Google dan AOL.

Saya coba lagi dengan menggunakan kata kunci umum yang lain: “how to lose weight” dan ternyata hasilnya juga masih sama Yahoo memberikan hasil pencarian yang paling variatif. Bagi saya yang membutuhkan data sebagai bahan tulisan tentu saja hasil pencarian Yahoo ini saya anggap yang paling baik, dibandingkan dengan kedua mesin pencari lainnya.

Selain datanya lebih variatif, Yahoo menampilkan hasil pencarian berupa teks, gambar maupun video yang terkait dengan kata kunci. Sedangkan kedua search engine lainnya hanya menampilkan hasil pencarian berupa teks dan gambar. Search engine lain juga menampilkan hasil pencarian video pada saat saya menggunakan kata kunci untuk mencari musik atau video klip.

Ada kelebihan AOL dibandingkan dengan kedua mesin pencari lainnya yaitu tipe data dikelompokkan dengan lebih rapi. Misalnya data dalam format PDF akan dikelompokkan dalam baris yang berurutan, kemudian data dalam format DOC dikelompokkan lagi dalam urutan, dan seterusnya.

Saya uji lagi dengan berbagai kata kunci yang general, dengan object yang populer maupun tidak populer hasilnya apabila dirata-rata:
Yahoo paling variatif, AOL paling kurang variatif, Google ada diantara keduanya.
Google paling akurat, Yahoo paling kurang akurat, AOL ada diantara keduanya.
AOL mempunyai pengelompokan tipe data yang paling bagus, Google paling acak, Yahoo ada diantara keduanya

Untuk pencarian pada situs tertentu, misalnya pada website saya: www.AstroDigi.com , hasil yang didapat oleh 3 search engine ini praktis sama dan sebangun


3.    Tampilan Search Engine
Saat kita masuk ke home page dari ke tiga search engine ini akan kita dapatkan perbedaan yang signifikan dari ketiganya, yaitu:

Google,
menampilkan tampilan ringkas, berupa kolom search engine, dan beberapa teks menu. Sehingga otomatis halaman ini tampil dengan begitu cepat di halaman browser

Yahoo,
Menampilkan halaman berita dan trending topics untuk seluruh dunia, tampilan Yahoo yang lebih banyak foto dan link ini yang membuat halaman ini tampil paling lambat dibandingkan dengan halaman utama kedua search engine lainnya.

AOL,
Menampilkan halaman berita, dan tidak menampilkan daftar trending topics. Seperti namanya yang diawali dengan kata “America”, maka berita yang muncul adalah berita seputar kejadian di Amerika saja.
---------------------------------
 Setelah melakukan uji coba dengan ketiga search engine, maka saya kemudian membiasakan diri untuk memanfaatkan penggunaan ketiga search engine tersebut bergantian dengan memanfaatkan keunggulan dari masing-masing search engine tersebut.

Pada saat kecepatan internet pas-pasan (128Kbps), saya menggunakan Google, pada saat saya membutuhkan hasil yang lebih akurat dan cepat saya juga masih menggunakan Google. Untuk mencari bahan referensi bagi tulisan atau suatu pekerjaan yang butuh data dan informasi yang lebih variatif saya menggunakan Yahoo. Saat saya membutuhkan data dalam bentuk file, apapun formatnya (TXT, DOC, XLS, PPT, PDF, dan lain sebagainya) saya menggunakan AOL.

Dan ternyata pemanfaatan bergantian ketiga search engine yang berbeda ini dapat membantu mempermudah pekerjaan saya. Demikian ulasan saya mengenai perbandingan 3 search engine di dunia maya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Membandingkan 3 Search Engine Di Dunia Maya”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...