Friday, December 11, 2015

Manfaatkan Waktu Untuk Latihan Stretching Ditengah Aktifitas Anda

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 11 Des 2015 | Salah satu bentuk latihan fisik yang paling mudah untuk dilakukan dan dapat dilakukan kapanpun ditengah aktifitas anda adalah "stretching" (peregangan). Latihan ini begitu sederhana dan tidak membutuhkan banyak gerakan sehingga tidak membuat anda menjadi berkeringat.

Stretching biasanya adalah bagian dari gerakan-gerakan yang dilakukan oleh orang-orang yang berlatih yoga. Dalam yoga tubuh dilatih untuk meregang dalam berbagai pose tertentu dan diam bertahan untuk waktu beberapa menit dalam pose itu, dengan tujuan untuk melatih kelenturan otot. Otot yang lentur akan lebih sehat dan lebih kebal terhadap kemungkinan terjadinya cedera saat beraktifitas.

Tidak perlu harus menjadi praktisi yoga untuk berlatih stretching, dan juga tidak harus melakukan pose yoga yang tentu membutuhkan pose tertentu yang bisa jadi tidak sesuai apabila dilakukan ditengah aktifitas harian anda. Anda bisa memilih pose yang sesuai dengan aktifitas harian anda seperti selonjor dengan kaki selurus mungkin, yang dapat anda lakukan pada saat anda duduk sambil mengetik di meja kerja anda.

Atau anda bisa merentangkan kaki sejauh mungkin (mirip seperti yang biasa dilakukan Van Damme di film) pada saat anda menonton TV dirumah, atau anda bisa juga hanya menjaga agar tulang punggung senantiasa tegak pada saat melakukan aktifitas harian anda. Duduk tegak, berdiri tegak, dan berjalan tegak adalah bentuk stretching yang paling sederhana, yang dapat anda lakukan hampir selama waktu anda beraktifitas. Mudah bukan?

Stretching ini pulalah yang senantiasa saya lakukan ditengah aktifitas harian saya, dan hasilnya saya memiliki otot-otot yang lebih lentur dan lebih kebal dari cedera. Kegiatan harian saya yang kadang-kadang mengharuskan saya melakukan pekerjaan mengangkat, mendorong, menggeser, dan menarik berbagai mesin industri yang mempunyai bobot berat, tidak menyebabkan saya mengalami keseleo. Syukurlan ini semua diantaranya karena kebiasaan saya dalam melakukan latihan stretching.

Akhir kata .. Selamat mencoba dan selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Manfaatkan Waktu Untuk Latihan Stretching Ditengah Aktifitas Anda”


Post a Comment