Wednesday, December 2, 2015

Korea Dan Indonesia Menyatakan Kemerdekaan Hampir Bersamaan, Tapi Mengapa Korea Jauh Lebih Maju Meninggalkan Indonesia?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 2 Des 2015 | Banyak yang tidak tahu atau mungkin ada yang tahu namun tidak menyadarinya bahwa Korea Selatan menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1945, hanya berselisih 2 (dua) hari dengan Indonesia. Namun meski pernyataan kemerdekaan hanya berselisih 2 hari namun kemajuan ekonomi Korea saat ini berselisih sangat jauh bila dibandingkan dengan Indonesia pada saat ini.

Korea Selatan sudah mampu mensejajarkan dirinya dengan Jepang, negara yang selama tiga setengah abad menjajah negeri Korea. Bahkan Jepang sekarang cukup kalang kabut untuk bersaing dengan Korea Selatan, berbagai produk elektronik unggulan Jepang pelan namun pasti kalah pamor bila dibandingkan dengan produk Korea Selatan.

Bila dulu nama Sony, Sharp, Panasonic, Sanyo, Toshiba dan lainnya seolah begitu merajai pasar elektronik dunia, namun generasi kini justru lebih akrab dengan produk unggulan Korea Selatan seperti Samsung dan LG. Prestasi Samsung bahkan lebih hebat lagi saat ini ia adalah peringkat pertama perusahaan elektronik dunia.

Demikian pula dengan pasar otomotif, meski belum mampu menggeser dominasi Jepang, seperti halnya pada pasar elektronik, namun pelan tapi pasti sebagian pasar otomotif Jepang mulai digerogoti oleh produk otomotif Korea Selatan, seperti Hyundai dan KIA.

Bagaimana dengan Indonesia? Negara kita yang kaya raya sumber daya alamnya ini, hanya menderita penjajahan Jepang (yang terkenal kejam dalam memperlakukan negara jajahannya) hanya selama 3,5 tahun, coba bandingkan dengan Korea yang dijajah selama 3,5 abad lamanya. Negara kita belum mampu bersaing untuk setidaknya menggerogoti pasar produk elektronik ataupun otomotif yang saat ini dikuasai oleh produk buatan Jepang.

Produk buatan Jepang masih menjadi raja di tanah kita yang tercinta ini. Produk elektronik ataupun otomotif lokal buatan Indonesia belum ada satupun yang mampu menggeser ataupun memakan setidaknya 1% saja produk Jepang.


Apa Yang Harus Dilakukan Agar Indonesia Bisa Melaju Seperti Korea Selatan?

1.    Hilangkan korupsi atau bisa setidaknya tekan sampai mendekati habis
2.    Kepastian hukum
3.    Perencanaan peningkatan investasi skala nasional
4.    Meningkatkan budaya BERSIH, dan saling menjaga ketertiban lingkungan.

Indonesia mempunyai kekayaan alam yang jauh lebih hebat bila dibandingkan dengan Korea yang tidak memiliki cadangan minyak untuk diekspor, tidak punya hutan belantara untuk dieksploitasi, sedangkan Indonesia termasuk salah satu anggota OPEC, hutan belantara Indonesia juga sangat luas, dan juga hasil alam lain yang melimpah ruah disini.

Kans Indonesia untuk maju melampai Korea tentu sangatlah besar, dengan sekian banyak keunggulan, tentu sangat memungkinkan bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalannya. Asalkan 4 point diatas tadi benar-benar dilaksanakan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...