Sunday, December 6, 2015

Kecelakaan Di Perlintasan Kereta Api, Bagaimana Mencegah Terjadinya Korban Jiwa?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 6 Des 2015 | Pagi ini saat menyalakan TV saya dikejutkan oleh Breaking News yang menyiarkan kecelakaan antara KA (kereta api) dengan sebuah angkutan umum Metro Mini yang melanggar perlintasan KA di wilayah Angke, Jakarta Barat, pada saat kereta melintas. Akibatnya tabrakan tidak terhindarkan, Metro Mini terseret hingga 500 meter dan mengakibatkan 13 orang meninggal saat itu saja dan masih plus beberapa korban yang kritis.

Mengapa kejadian tragis seperti ini sampai berulang kali terjadi? Sudah beberapa kali kecelakaan serupa terjadi di wilayah Jabodetabek, dan mengakibatkan belasan hingga puluhan korban jiwa. Apa penyebabnya? Dan bagaimana mencegah agar anda tidak menjadi korban apabila secara tidak sengaja anda berada dalam situasi serupa?

Kenali Penyebabnya:
1. Sopir yang ugal ugalan
2. Kendaraan yang tidak fit dan beresiko mogok kapan saja
3. Sirene peringatan yang tidak berbunyi (atau bahkan tidak ada)
4. Palang pintu yang tidak berfungsi
5. Kemacetan di wilayah seputar perlintasan KA

Kelima kondisi diatas adalah penyebab umum terjadinya kecelakaan di perlintasan KA, dan apabila anda tanpa sengaja berada pada situasi berbahaya tanpa sengaja, entah anda sebagai penumpang kendaraan umum, kendaraan pribadi ataupun anda sebagai pengemudinya, kesadaran anda dan kewaspadaan anda akan menyelamatkan anda dan juga orang lain agar tidak menjadi korban jiwa dalam peristiwa yang bisa berpotensi menjadi tragedi.

Bila Anda Sebagai Penumpang Kendaraan:
1.    Ingatlah ke 6 penyebab yang saya sebutkan diatas
2.    Saat anda berada pada situasi seperti diatas, maka lakukanlah tindakan pencegahan agar bisa keluar dari situasi tersebut. Keluarlah dari kendaraan dan tunggu kendaraan di lokasi yang sudah melewati perlintasan KA.
3.    Ingatkan sopir, agar mengemudi dengan cara yang lebih aman.

Bila Anda Sebagai Pengemudi Kendaraan:

1.    Ingatlah ke 6 penyebab yang saya sebutkan diatas
2.    Patuhi rambu perlintasan kereta
3.    Pada saat jalanan diperlintasan macet, tunggulah sampai jalan menuju seberang perlintasan kosong, barulah anda menyeberangi perlintasan
4.    Bila sampai kendaraan mogok ditengah perlintasan, keluarlah dari kendaraan dan dorong kendaraan sampai melewati perlintasan sebelum anda mencoba menghidupkan kendaraan. Dan bila anda memiliki penumpang bersama anda, mintalah mereka untuk keluar dari kendaraan, mereka juga dapat membantu anda mendorong kendaraan hingga keseberang perlintasan.
------------------------------------------------
Dengan langkah-langkah antisipasi diatas, sesungguhnya kecelakaan fatal bisa dihindarkan, dan seandainya kondisi sudah sedemikian naasnya, bila kendaraan yang anda tumpangi tertabrak oleh KA, setidaknya anda tidak menjadi korbannya.

Demikian tips untuk mencegah anda menjadi korban kecelakaan di perlintasan KA.

Akhir kata, selamat beraktifitas, dan bila anda harus menempuh perjalanan, semoga selamat sampai di tujuan. Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Kecelakaan Di Perlintasan Kereta Api, Bagaimana Mencegah Terjadinya Korban Jiwa?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...