Thursday, December 3, 2015

Ingin Bugar Tapi Sibuk? Luangkan Waktu 8 Menit Saja Untuk Latihan Rutin!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 3 Des 2015 | Kesibukan kerja, kesibukan belajar, banyaknya waktu terbuang untuk transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, dan aneka kesibukan lainnya yang menyita waktu, seringkali membuat kita mengabaikan kesehatan. Padahal kesehatan adalah sesuatu hal yang sedemikian penting dan wajib anda pertahankan semaksimal mungkin.

Salah satu unsur penentu kebahagiaan adalah kesehatan baik fisik maupun rohani, itulah sebabnya orang yang secara fisik maupun rohani tidak sehat atau kurang sehat, maka kualitas kebahagiaannya akan menurun. Dalam artikel ini saya akan membagikan tips untuk menjaga kesehatan fisik dengan meluangkan 8 menit saja waktu anda untuk melakukan latihan rutin demi menjaga kebugaran anda.

Sebaiknya latihan anda lakukan dipagi hari, saat udara lingkungan berada dalam kualitas terbaiknya. Namun juga tidak dilarang apabila anda ingin melakukannya pada waktu-waktu yang lainnya, karena saya sendiripun terkadang melakukan latihan rutin saya pada saat sepulang kantor.

Berikut ini rincian latihan rutinnya:

Pertama: Latihan Leher .. 1 menit 30 detik

•Tekuk kepala kedepan dan kebelakang 11 kali
•Tekuk kepala kesamping kanan dan kiri 11 kali
•Tolehkan kepala ke kanan dan ke kiri 11 kali
•Gerakkan kepala melingkar 3 kali kekanan dan 3 kali ke kiri, lakukan masing-masing 3 kali


Kedua: Latihan Lengan + Tangan .. 4 menit

•Tekuk kedua lengan dan naikkan setinggi dada, buat gerakan menekuk kedepan dan kebelakang sekali dalam keadaan lengan terlipat dan sekali dalam keadaan lengan lurus terbentang, lakukan 11 kali
•Berdiri tegak, letakkan tangan kiri lurus dibawah dan tangan kanan lurus keatas, angkat kaki kanan, buat gerakan tangan kanan menarik kebelakang dan kaki kanan menarik kebelakang 2 kali. Lanjutkan dengan sisi yang berbeda tangan kanan lurus dibawah dan tangan kiri lurus keatas, angkat kaki kiri, buat gerakan tangan kiri menarik kebelakang dan kaki kiri menarik kebelakang 2 kali, lakukan gerakan ini 11 kali
•Tekuk kedua lengan dibelakang punggung membentuk huruf S tangan kanan menekuk diatas dan tangan kiri menekuk dibawah, buat gerakan untuk menarik kedua tangan makin kedalam 2 kali, kemudian bergantian pada sisi yang berlawanan, tangan kiri menekuk diatas dan tangan kanan menekuk dibawah, buat gerakan untuk menarik kedua tangan makin kedalam 2 kali, lakukan gerakan ini 11 kali
•Putar-putar pergelangan tangan anda kedalam dan keluar secara simultan, lakukan gerakan ini 11 kali
•Luruskan kedua lengan dan tangan anda kedepan dada anda, buat gerakan menggenggam dalam keadaan tangan tertekuk kebawah, dan lanjutkan dengan gerakan membuka tangan lebar-lebar dalam keadaan tangan tertekuk keatas, lakukan gerakan ini 11 kali.
•Lakukan push up 33 kali


Ketiga: Latihan Pinggang .. 30 detik

Berdiri tegak, tarik kaki kiri kebelakang dan putar pinggang dan badan anda ke kanan 2 kali, lanjutkan untuk sisi yang berlawanan kaki kanan kebelakang dan putar pinggang dan badan anda ke kiri 2 kali, lakukan gerakan ini 11 kali.


Keempat: Latihan Perut .. 30 detik

Tidur dilantai dalam keadaan kedua kaki tegak tertekuk, letakkan kedua tangan dibelakang kepala, lakukan sit-up pada posisi ini dengan menarik tubuh anda sampai tegak terduduk, kemudian kembali keposisi tidur kembali, lakukan gerakan ini 19 kali.


Kelima: Latihan Paha dan Kaki .. 1 menit 30 detik

•Berdiri tegak, putar-putar pergelangan kaki kanan anda kearah keluar 3 kali, lanjutkan dengan sisi yang berlawanan, putar-putar pergelangan kaki kiri anda kearah keluar 3 kali, lakukan gerakan ini 11 kali
•Berdiri tegak, putar-putar pergelangan kaki kanan anda kearah dalam 3 kali, lanjutkan dengan sisi yang berlawanan, putar-putar pergelangan kaki kiri anda kearah dalam 3 kali, lakukan gerakan ini 11 kali
•Berdiri tegak lurus, kemudian jongkok, berdiri tegak lurus lagi, kemudian jongkok lagi, lakukan gerakan jongkok berdiri ini 19 kali

--------------------------------------
Selesai! Dengan 5 latihan sederhana dan waktu yang singkat ini otot-otot anda akan terlatih, dan saya sudah membuktikannya sendiri, saya memiliki tubuh berotot dengan perut six packs (seperti pada gambar), yang saya jaga dengan sebagian besar latihan harian rutin sederhana seperti diatas. Tanpa sekalipun pernah latihan di pusat kebugaran (fitness center). Latihan sederhana ini dapat menyembuhkan pegal-pegal, atau apabila anda menderita sakit pinggang atau urat terjepit, dapat sembuh dengan latihan sederhana seperti diatas.

Untuk diri saya sendiri, biasanya pada akhir pekan saja saya melengkapi latihan dengan lari 10 Km, berenang, dengan pemanasan yang mirip seperti kelima gerakan latihan diatas hanya jumlahnya 3 kali lipat.
Dan untuk melengkapi latihan sederhana diatas, aktifitas harian saya pun saya sengaja buat seperti olahraga, kalau berjalan saya lebih cepat dari rata-rata orang, tas kerja saya buat berat dengan membawa kertas dan air mineral (kurang lebih beratnya menjadi 12 Kg).

Demikian sharing latihan rutin sederhana dari saya, semoga bermanfaat untuk para pembaca, selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...