Wednesday, December 23, 2015

FreeFileSync, Aplikasi Sinkronisasi File Yang Sangat Mempermudah Pekerjaan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 23 Des 2015 | Dalam menjalankan pekerjaan harian, seringkali saya harus bekerja dengan menggunakan komputer yang berbeda-beda untuk mengerjakan satu project yang sama. Diperjalanan saya mengerjakan pekerjaan saya di mobil dengan menggunakan netbook, dengan harapan agar kemacetan di kota Jakarta tidak terlalu berpengaruh terhadap kelancaran aktifitas saya. Di kantor seringkali saya menggunakan PC Desktop berkecapatan tinggi untuk mengerjakan program multimedia. Di rumah saya bekerja secara berpidah-pindah antara PC desktop dan laptop, tergantung kepada jenis pekerjaan yang saya lakukan.

Dalam pekerjaan tersebut seringkali file yang saya kerjakan harus saya bawa dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dan akibatnya ada saja yang terlupakan file apa yang terakhir saya kerjakan dan file mana yang paling baru, yang harus saya update ke komputer dimana saya bekerja sekarang. Beruntunglah saya menemukan aplikasi FreeFileSync, dimana dengan bantuan aplikasi ini saya dengan mudah dapat melakukan sinkronisasi dan pembaharuan file tanpa harus mengingat mana file terakhir yang saya sudah update.

Anda bisa mendownload FreeFileSync pada alamat: http://www.freefilesync.org/download.php
Anda bisa memilih file untuk setup dengan format yang sesuai dengan OS yang anda instal dikomputer anda (Windows/ Linux/ MacOS).
Instal aplikasi pada komputer anda sesuai dengan petunjuk instalasi. Aplikasi akan otomatis menempatkan icon pada desktop anda untuk mempermudah eksekusi aplikasi tersebut.

Pada aplikasi terdapat 3 kelompok window yaitu window CONFIGURATION, window OVERVIEW, dan sepasang window “COMPARE and SYNCHRONIZE”. Untuk melakukan komparasi (pembanding), abaikan saja window configuration dan window overview, karena keduanya hanya untuk melihat konfigurasi komputer dan melihat detail file. Langsung saja ke window compare yang sebelah kiri, tekan tombol BROWSE, dan lakukan browsing untuk memilih folder pertama yang akan dikomparasi, kemudian pindah ke window compare sebelah kanan dan sekali lagi lakukan browsing pada folder kedua yang akan dikomparasi.

Misalkan folder pertama adalah MYDOCUMENT pada PC anda, dan folder kedua adalah USB flashdisk anda, maka anda bisa tempatkan folder MyDocument pada window compare sebelah kiri dan USB flashdisk anda pada window compare sebelah kanan. Klik tombol COMPARE. Bila langkah yang anda lakukan benar maka pada kedua window akan tampil file-file apa saja yang beda baik dari PC maupun USB flashdisk. Anda bisa memilih file mana saja yang akan anda sinkronisasikan, atau bila memang semua file dalam MyDocument akan disinkronisasikan anda tinggal tekan tombol SYNCHRONIZE.

Aplikasi akan otomatis melalukan copy hanya kepada file-file yang belum ada dan berbeda saja, file-file yang sudah sama akan dibiarkan apa adanya. Jadi dengan FreeFileSync, pekerjaan meng-copy-paste semua file kerja yang sering dibawa kesana kemari dan juga sering di-update akan menjadi mudah dan tidak perlu repot mengingat dan mencatat lagi.

Selamat mencoba! Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “FreeFileSync, Aplikasi Sinkronisasi File Yang Sangat Mempermudah Pekerjaan”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...