Friday, December 18, 2015

Filezilla, Aplikasi Untuk Mentransfer File Website Ke Server Hosting

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 18 Des 2015 | Melanjutkan artikel yang saya tuliskan kemarin tentang cara upload file dari folder lokal di PC anda ke folder “public_html” di server hosting ( baca: http://www.astrodigi.com/2015/12/cara-hosting-halaman-web-hosting-server.html ). pada artikel tersebut saya tuliskan bahwa untuk memindahkan file bisa lewat Windows Explorer saja atau dengan bantuan aplikasi Filezilla.

Kalau bisa transfer tanpa menggunakan aplikasi tambahan, mengapa harus pakai aplikasi lain? Apa manfaatnya? Ini jawabnya: menggunakan Filezilla membuat anda dapat memonitor berapa file yang sudah ditransfer, dan ada keuntungan tambahan untuk anda yang koneksi internetnya kurang bagus, saat transfer file terputus, anda bisa melanjutkan tranfer setelah tersambung tanpa harus mengulang dari awal lagi. Filezilla melanjutkan transfer sesuai dengan catatan transfer yang sudah tersimpan.

Saat tulisan ini ditulis versi Filezilla paling mutakhirnya adalah versi 3.14.1. Pada Filezilla tipe ini tampilannya sudah lebih bagus dibanding versi sebelumnya, dan sudah diklaim tidak mengandung malware yang membuat password anda bocor. Namun untuk keamanan, saya sarankan untuk tidak melakukan save password di aplikasi Filezilla, sebaiknya anda mengetikkan password saja setiap kali koneksi. Sedikit usaha tapi aman dan tenang.

Untuk mendownloadnya anda bisa mengunjungi halaman download di website Filezilla yang beralamat di: https://filezilla-project.org/download.php
Aplikasi ini gratis, namun kualitasnya bisa diandalkan, sesuai dengan harapan setiap user, sudah bagus gratis pula.

Untuk memindahkan file (meng-upload) ke server, anda cukup mengisi kolom host dengan alamat FTP yang anda dapatkan dari provider hosting serta port-nya, isi user_name dan password yang juga sudah anda dapatkan dari provider hosting anda. Selanjutnya pilih folder public_html sebagai target untuk transfer filenya. Tinggal tunggu saja sampai proses transfer selesai. Apabila ditengah perjalanan koneksi terputus, anda bisa menyambung ulang (reconnecting) dan transfer akan dilanjutkan .. simpel.
 
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Filezilla, Aplikasi Untuk Mentransfer File Website Ke Server Hosting”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...