Saturday, December 19, 2015

Chrome Remote Desktop, Aplikasi Untuk Menampilkan Layar PC Di Smartphone

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 19 Des 2015 | Inovasi Google di ranah software dan hardware memang semakin hari semakin luar biasa, bermula dari bisnis mesin pencari (search engine), kini google sudah merambah ke berbagai bisnis. Salah satu yang paling hebat selain search engine adalah OS Android yang populer di smartphone dan juga browser Google Chrome untuk PC dan smartphone berbagai platform.

Tidak puas dan tidak merasa selesai hanya dengan membuat Chrome, Google nampaknya berkaca pada kesuksesan rival beratnya Mozilla Firefox, kemudian menambahkan berbagai aplikasi. Karena memang target utamanya adalah untuk mendongkrak popularitas Chrome maka aplikasi yang dibuat biasanya berupa Add-Ons (aplikasi yang bertengger di frame browser, dan berfungsi sebagai fitur tambahan), atau berupa aplikasi (yang tampaknya) berdiri sendiri namun memerlukan instalasi Chrome sebagai pelengkapnya.
www.AstroDigi.com
Google menyebut aplikasi Add-Ons-nya dengan sebutan "extension". Mungkin dengan tujuan untuk membedakan fasilitas di Chrome dengan fasilitas yang sama di Mozilla Firefox. Salah satu aplikasi pendamping yang akan saya ulas kali ini adalaha Chrome Remote Desktop.

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata "remote desktop", aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan tampilan layar PC di smartphone anda. Dan sesuai dengan penjelasan saya diawal tadi, user diwajibkan untuk mendownload dan menginstal Chrome sebagai pelengkap aplikasi ini, jadi anda tidak bisa menjalankan CRD (chrome remote desktop) tanpa menginstal Chrome.

Untunglah aplikasi CRD maupun Google Chrome dapat anda download secara gratis di website google.
Download Chrome di: https://www.google.com/chrome/
Download CRD di: https://chrome.google.com/webstore/detail/chrome-remote-desktop/gbchcmhmhahfdphkhkmpfmihenigjmpp?hl=id
Untuk mendownload CRD anda harus menggunakan Chrome. Klik link download diatas dan untuk mengeksekusi proses download anda tinggal meng-klik tombol hijau di kanan atas halaman CRD yang tampil. Setelah CRD terinstalasi pada desktop dan taskbar akan tampil box Chrome Apps. Anda tinggal memilih aplikasi CRD untuk menjalankannya.
Untuk smarphone anda harus menginstal CRD dengan mendownload melalui Google Play Store, masukkan kata kunci: Google Remote Desktop untuk pencarian aplikasinya.

Bila anda ingin menampilkan layar PC di smartphone, anda harus memastikan PC dan smartphone anda berada pada jaringan WiFi yang sama. Dan anda juga harus memastikan pada PC dan smartphone sudah sama-sama menjalankan aplikasi CRD. Klik tombol "Enable remote connection" di PC, dan atur nomor pin (angka) sesuai dengan keinginan anda.

Pilih PC/ komputer yang akan di-remote di smartphone dan klik icon dari PC tersebut, isikan nomor pin yang sesuai, maka .. Tampilan layar PC akan tampil di layar smartphone anda. Anda bebas mengatur kinerja PC melalui layar smartphone anda.

Selamat mencoba! .. Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Chrome Remote Desktop, Aplikasi Untuk Menampilkan Layar PC Di Smartphone”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...