Thursday, December 17, 2015

Cara Hosting Halaman Web Di Hosting Server

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis 17 Des 2015 | Seorang rekan bertanya kepada saya tentang bagaimana caranya untuk mempublikasikan halaman-halaman web telah ia buat. Rupanya secara otodidak lewat buku-buku, rekan saya belajar cara membuat desain halaman-halaman web. Dan kalau saya lihat hasilnya memang bagus. Hanya saja karena rekan saya masih awam mengenai tata cara hosting ia tidak mengetahui langkah selanjutnya setelah halaman website jadi kemudian apa lagi yang harus dikerjakan. Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan rekan saya sekaligus pengetahuan bagi pembaca yang mungkin saja kebetulan membutuhkan informasi ini.

Website yang sudah siap dipublikasikan harus disimpan di server HOSTING yang memang sudah disiapkan untuk publikasi. Saat ini sudah sangat banyak provider hosting di dunia maya, baik lokal maupun mancanegara. Setelah seluruh file disimpan di hosting, anda harus membeli DOMAIN, agar website anda punya nama dan alamat (misal: www.AstroDigi.com, www.google.com, www.tempo.co, www.detik.com, dan lain sebagainya).

Beruntunglah kebanyakan provider hosting menyediakan domain secara gratis, untuk pelanggan yang menyewa ruang simpan di server hosting mereka selama minimal 1 tahun. Sebagai contoh untuk kasus ini saya akan coba berikan penjelasan langkah-langkah menyewa hosting di “host monster”. Host monster adalah salah satu provider hosting yang cukup terkenal di dunia dan juga sebagai penyedia domain. Harga sewa hostingnya juga cukup murah, saat tulisan ini dibuat harganya mulai dari USD 4,95 perbulan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1.    Masuk ke www.hostmonster.com
2.    Klik menu HOSTING FEATURES, anda akan dibawa kehalaman hosting features
3.    Klik tombol GET STARTED NOW
4.    Pilih paket hosting yang anda inginkan (Basic/Plus/Pro)
5.    Klik tombol SELECT
6.    Isi domain name yang anda inginkan (misal: nama_saya_sendiri.com)
7.    Isi form account information, dan juga data CC (credit card) yang anda gunakan untuk membayar.
8.    Klik tombol SUBMIT

Selesai sudah proses pendaftaran, anda akan mendapatkan email mengenai halaman untuk login, dimana dihalaman tersebut anda diharuskan untuk mengisi user_name dan password, yang juga diberitahukan pada email yang dikirimkan kepada anda.

Bila alamat login sudah anda dapatkan dan anda berhasil login maka anda akan masuk kehalaman Cpanel, dimana didalamnya berbagai menu untuk pengaturan hosting tersedia.
Untuk mengirmkan file website, anda harus melihat alamat FTP ACCOUNT anda dengan mengklik tombol FTP ACCOUNT.

Catatlah FTP username anda, alamat FTP server anda, port yang anda pergunakan, seperti pada contoh berikut:
---------------------------------------------------------
FTP Username: ***
FTP Server: ftp.***.com
FTP & explicit FTPS port: 21
SFTP port: 22
----------------------------------------------------------

Untuk mengirimkan file kealamat server tersebut cukup ketikkan alamat server, kemudian isikan user_name dan passwordnya. Maka anda akan terhubung ke server. Pindahkan semua file web ke direktori “public_html”. Cara termudah bisa tinggal melakukan “drag and drop” saja dari direktori lokal PC anda ke direktori public_html.

Setelah semua file terpindahkan, tunggu saja sekitar 15 menit, kemudian masuk ke browser dan ketikkan alamat domain anda di browser, dan website anda sudah tampil .. selamat!

Catatan:
Untuk mempermudah proses transfer file ke FTP anda bisa mempergunakan aplikasi pendukung yang memang diperuntukkan memindahkan file ke server FTP. Ada banyak aplikasi, namun saya biasa memakai FILEZILLA. Filezilla saya pilih karena simpel dan “user friendly”, serta koneksinya juga cepat.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cara Hosting Halaman Web Di Hosting Server”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...