Wednesday, April 9, 2014

Makan Pisang Yuk! Dan Simak 17 Manfaatnya Disini!

www.AstroDigi.cominkesehatan.blogspot.com | Pisang adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Kita dapat menemukan pisang hampir diseluruh pulau di Indonesia.

Hampir semua bagian dari pisang dapat dikonsumsi, selain buahnya kita juga pasti sudah mengenal jantung pisang, yang biasa dijadikan masakan, bahkan di daerah papua batang pisang juga bisa diolah jadi makanan. Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional.

Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin karena buah pisang banyak mengandung nutrisi seperti kalium dan asam folat. Selain buah pisang merupakan juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak beberapa manfaat buah pisang berikut ini :

1. Buah Pisang Kaya Akan Vitamin dan Serat
Tahukan anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu pisang juga kaya akan potasium. Maka dari itu buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2.Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Sakit Maag
Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang "Cara Mengatasi Penyakit Maag Secara Alami". Dan dalam postingan tersebut saya telah menjelasakn bagaimana cara mengobati sakit maag dengan ramuan herbal. Nah, ternyata selain dengan ramuan herbal, buah pisang juga bisa jadi solusi disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

3. Buah Pisang Bisa Dijadikan Masker Untuk Mengobati Jerawat
Jerawat mengganggu penampilan anda? Basmi saja dengan masker buah pisang! caranyapun mudah anda hanya perlu menghancurkan daging buah pisang yang telah matang secukupnya, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan tips ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.

4. Buah Pisang Bisa Meningkatkan Mood
Oh iya selain dapat mengatasi penyakit maag dan jerawat, buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Jadi jika anda sedang galau, makanlah pisang hehe

5. Buah Pisang Bisa Menghaluskan Kulit Wajah
Kulit wajah anda terlihat kusam dan terasa kasar? Mungkin masker pisang dan madu ini bisa jadi solusi untuk anda caranya, haluskan buah pisang matang dengan blender, kemudian campur dengan 2 sendok madu. Setelah itu anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah anda. Diamkan 10-25 menit setelah itu baru kemudian anda cuci bersih wajah anda dengan air dan rasakan bedanya.

6. Sebagai Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari

7. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar
Anda punya luka bakar? Jangan khwatir, obati segera dengan buah pisang nsyaalloh cepat sembuh. Caranya, haluskan buah pisang, kemudian oleskan pada daerah kulit yang terbakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya

8. Bermanfaat Untuk Mengalirkan Oksigen ke Otak
Buah pisang juga bermanfaat dalam memngalirkan oksigen ke otak karena buah pisang sendiri kaya akan potasium, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.


9. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme

10. Buah Pisang Dapat Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid
Sering merasa nyeri setiap kali anda haid? Jangan atas masalah tersebut dengan buah pisang, perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang maka insyaalloh rasa nyeri tersebut dapat berkurang

11. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk
Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

13. Pisang Dapat Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita

14. Mencegah Penyakit Jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. So, sebelum terkena penyakit jantung, cegahlah dengan rajin memakan buah pisang

15. Mengatasi Anemia (Kurang Darah)
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk membuat penderita anemia terselamatkan. Jadi bila anda kekurangan darah, segeralah makan buah enak ini hehe

16. Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan
Oh iya, kabar gembira bagi anda yang sedang "Diet", ternyata karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.


17. Buah Pisang Baik Untuk Ibu Hamil, Mengapa?
Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari buah pisang ini. Bagaimana dengan anda, apakah sudah makan pisang hari ini?

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Makan Pisang Yuk! Dan Simak 17 Manfaatnya Disini!”

Banyak juga ya manfaat dari buah pisang, jadi tertarik untuk makan pisang ni..

Informasi Kesehatan said...
on 

Thaks atas potingannya cara memutihkan gigi

Obat Pemutih Gigi said...
on 

Post a Comment