Sunday, October 31, 2010

Takut Kena Flu Saat Cuaca Sedang Tak Bersahabat? Baca Tips Berikut Untuk Menghindarinya


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Sabtu, 30 Oktober 2010 | Sebaiknya Anda lebih hati-hati menjaga kesehatan diri dan keluarga. Cuaca pancaroba yang ditandai oleh curah hujan yang tidak lama kemudian berubah menjadi panas, bisa membuat Anda rentan terkena influenza.

Influenza atau flu, merupakan infeksi pernafasan yang disebabkan oleh virus. Kebanyakan orang mampu melewati influenza dan mereka bisa sembuh tanpa masalah besar. Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami komplikasi serius akibat penyakit ini.

Influenza merupakan penyakit menular yang mudah menyebar melalui bersin, batuk, dan sentuhan dari orang yang terinfeksi virus. Namun jangan khawatir, Anda dan keluarga dapat mengurangi risiko terserang influenza jika Anda bersama-sama menjaga kesehatan.

Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan demi pencegahan flu yang dapat Anda terapkan di keluarga, seperti dikutip dari laman Modern Mom.

Vaksinasi influenza
Dapatkan vaksinasi sejak awal virus flu menyebar. Pencegahan ini direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (PPPP).

PPPP juga merekomendasikan imunisasi untuk setiap bayi berusia 6 bulan atau lebih, terutama mereka yang lebih rentan terhadap komplikasi, seperti wanita hamil, anak-anak dan manula.

Cuci tangan
Cucilah tangan sebelum makan atau setelah Anda menyentuh sesuatu yang kemungkinan mengandung virus influenza. Cuci tangan dengan bersih menggunakan air hangat dan sabun, gosok setidaknya selama 20 detik.

Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Jauhkan tangan dari bagian wajah Anda sebanyak mungkin. Terutama mulut, mata dan hidung. Kuman di tangan Anda bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang pori-pori di bagian-bagian tubuh tersebut.

Hindari orang sakit flu
Menjauhkan diri dari virus flu yang menyebar di sekeliling Anda, adalah tindakan yang paling tepat. Ada baiknya hindari orang yang sedang sakit flu di tempat kerja, di tempat umum atau di manapun. Hindari juga lingkungan yang ramai karena bisa jadi orang di depan Anda membawa virus influenza.

Bersahabat dengan makanan sehat
Perbanyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi, akan menjaga tubuh Anda tetap prima. Selama tubuh Anda sehat, penyakit apapun akan segera menjauh dari tubuh Anda.

Olahraga
Olahraga secara teratur untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kebugaran dapat membantu Anda melawan serangan virus influenza.

Tidur cukup
Pergi ke kamar untuk tidur lebih awal akan membuat tubuh Anda mendapatkan lebih banyak istirahat. Dengan istirahat yang cukup, stamina tubuh akan tetap stabil dan kuat untuk melawan flu.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Takut Kena Flu Saat Cuaca Sedang Tak Bersahabat? Baca Tips Berikut Untuk Menghindarinya”


Post a Comment