Saturday, October 9, 2010

Peran Mencit (Tikus Putih) Sebagai Hewan Uji Akan Digantikan Oleh Serangga


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Rabu, 9 September 2009 | Ngengat, lalat buah, dan ulat bulu dalam waktu dekat menggantikan jutaan mencit yang selama ini digunakan sebagai alat penguji obat di laboratorium. Ahli biologi menemukan, sel kunci tertentu di dalam tubuh mamalia dan serangga bereaksi sama ketika mendapat serangan infeksi serta memproduksi reaksi kimia serupa untuk menyerang penyebab infeksi.

Penemuan itu dapat menekan sekitar 80 persen penggunaan mencit. ”Sebetulnya sudah mulai penggunaan larva serangga untuk mengetes obat baru dan dilanjutkan dengan tes kepada mencit sebagai konfirmasi,” ujar Kevin Kavanagh, ahli biologi dari National University of Ireland, yang mempresentasikan penemuannya itu di hadapan peserta pertemuan Society for General Microbiology di Edinburgh.

Pengujian menggunakan serangga hasilnya jauh lebih cepat, yakni sekitar 48 jam, dibandingkan tes dengan mencit yang hasilnya 4-6 minggu.

Kavanagh dan rekan-rekan penelitinya menemukan bahwa neutrophils (sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh mamalia) dan haematocytes (sel dengan fungsi sama yang terdapat dalam serangga) bereaksi dengan cara serupa terhadap mikroba. Sel serangga dan mamalia memproduksi struktur serupa yang kemudian berpindah ke permukaan sel dan membunuh mikroba penyerang.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Peran Mencit (Tikus Putih) Sebagai Hewan Uji Akan Digantikan Oleh Serangga”


Post a Comment