Tuesday, May 4, 2010

Sepeda Motor Generasi Paling Pertama Laku Rp 1,1 Miliar


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Minggu, 2 Mei 2010 | Sungguh luar biasa. Sepeda yang dilengkapi dengan mesin produksi pertama, 1894, masih ada dan kondisinya sangat mulus. Tentu setelah dilakukan perbaikan. Cukup mengagetkan lagi, kendaraan itu muncul di balai lelang Bonhams yang ikut berpartisipasi dalam "The International Classic Motorcycle Show", baru-baru ini.

Sepeda bermotor pertama yang dinamai "motorcycle" atau Motorrad di Jerman merupakan karya kolaborasi dua insinyur, yakni Heinrich dan Wilhelm Hildebrand, serta diproduksi pada 1894 yang dibiayai oleh Alois Wolfmuller. Motor itu dipasang sistem pendinginan air (water cooled) dan kerangkanya menggunakan pipa tubular.

www.AstroDigi.com

Mungkin masyarakat Jerman bisa sedikit lega karena barang antik itu dibeli oleh kolektor dari Jerman. Ia rela merogoh kocek sebagai pembayar tertinggi, Rp 1,1 miliar lebih (86.200 poundsterling).

Sebelum dilelang, menurut informasi, sepeda bermotor itu berada di Amerika milik keluarga vendor pada awal 1930-an. Terakhir kendaraan itu bisa jalan dan selanjutnya balik ke Jerman dan kondisinya dibalik ke orisinalnya.

Karya lain dari Hildebrand dan Wolfmuller di antaranya membuat mesin 1.489 cc 4 tak, dua silinder dengan tenaga 2,5 HP pada 240 rpm. Bobot dapur pacu 50 kg dan mempunyai kecepatan maksimum 45 km per jam.

Sejumlah museum di dunia juga menyimpan produk mereka, seperti Museum NSU di Jerman, Science Museum di London, Henry Ford di Detroit, Michigan, Well Auto Museum di Wells, Maine, dan terakhir Museum Lalu Lintas di Surabaya, Jawa Timur.

Saksikan pada tayangan video berikut ini:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Sepeda Motor Generasi Paling Pertama Laku Rp 1,1 Miliar”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...