Saturday, May 15, 2010

SAYEEDA WARSI, Wanita Muslim Pertama Yang Berhasil Duduk Di Kabinet Inggris


www.AstroDigi.com

Rakyatmerdeka.co.id | Jumat, 14 Mei 2010 | Sayeeda Warsi, Lahir di Dewsbury, Yorkshire tahun 1971 dari keluarga Pakistan yang berimigrasi dari Bawal, Gujar Khan, Pakistan ke Inggris, menteri Muslim pertama di Inggris ini juga merupakan salah seorang ketua Partai Konservatif, partai yang dipimpin Perdana Menteri David Cameron.

Sampai saat ini belum jelas benar apa yang menjadi tanggung jawab Warsi. Begitu sebut salah seorang jurubicara pemerintah seperti dikutip CNN.

Dalam kubu oposisi sebelumnya, Warsi dikenal sebagai figur yang bekerja keras untuk merekatkan masyarakat dalam berbagai aksi sosial.

www.AstroDigi.com

Sebelum menjadi menteri Muslim pertama, Warsi menjadi Muslim pertama yang duduk di barisan depan kursi di ruang Parlemen pada Juli 2007. Ketika itu usianya baru 36 tahun.

Warsi dikenal sebagai figur yang senang berbicara blak-blakan dan bertipe menyerang. Ia yang memiliki latar belakang sebagai pengacara ini memulai karier politik di tahun 2004. Di tahun itu, dia kalah dari politisi Partai Buruh, Shahid Malik, dalam pemilihan anggota Parlemen Dewsbury, West Yorkshire.

Nama Warsi mulai dikenal publik Inggris setelah ia terlibat dalam perdebat sengit dengan pemimpin Partai Nasional Inggris, Nick Griffin, bulan Oktober tahun lalu.

Dalam sebuah program BBC, Warsi menyebut Griffin sebagai manusia palsu yang menghina Islam dan juga Kristen.

"Di sini Tuan Griffin menyerukan ektremisme atas nama Kristen,” ujarnya keras.

Sebulan kemudian, Warsi diserang oleh sekelompok orang yang melemparkan telur ke arahnya di Luton, London. Demonstran mengecam Warsi yang menurut mereka keluar dari batas-batas aturan Islam.

Warsi juga pernah ikut dalam pembebasan seorang guru Inggris, Gillian Gibson, yang ditahan otoritas Sudan karena memperbolehkan murid memberikan nama Muhammad untuk boneka mereka. Bersama Lord Nazir Ahmed, Warsi terbang ke Sudan untuk ikut menegosiasikan pembebasan itu.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “SAYEEDA WARSI, Wanita Muslim Pertama Yang Berhasil Duduk Di Kabinet Inggris”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...