Monday, May 24, 2010

Punya Hidung Besar Lebih Kebal Terhadap Penyakit?


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Senin, 17 Mei 2010 | Ada anggapan mempunyai hidung besar bisa menandakan kecerdasan seseorang. Makin besar ukuran hidung, makin pintar.

Tapi kini, sebuah penelitian mengungkap, memiliki hidung besar membuahkan keuntungan bagi pemiliknya. Yaitu, bisa memberikan perlindungan lebih besar dari penyakit.

Mungkin, semasa kecil anak pemilik hidung besar kerap menjadi bahan ledekan. Namun kini, pemilik hidung besar tak perlu lagi berkecil hati. Menurut penelitian yang dilakukan University of Iowa, AS, bentuk hidung besar bisa membantu pemiliknya menangkal virus infulenza. Makin besar hidung, debu dan partikel udara pembawa virus penyakit makin sulit masuk ke dalam tubuh, seperti dikutip dailymail.com.

Hasil penelitian ini merupakan kabar baik untuk aktris 'Sex and The City', Sarah Jessica Parker, penyanyi Barbra Streisand, Barry Manilow dan aktor Prancis Gerard Depardieu, yang dikenal memiliki ukuran hidung besar.

Para ilmuwan menemukan ukuran hidung lebih besar bisa bertindak sebagai penghalang untuk membelokkan kuman dari mulut, sehingga bisa mengurangi risiko terkena infeksi.

Untuk mengujinya, para peneliti membuat dua hidung buatan. Hidung pertama ukurannya kecil (ukuran hidung kebanyakan), sedangkan ukuran yang satunya 2,3 lebih besar dari pertama. Tiap hidung diletakkan di kepala buatan dengan bibir buatan.

Hasilnya, menurut dr. Renee Anthony, ketua penelitian, "Hidung besar memberikan perlindungan lebih baik dari risiko infeksi. Bentuk hidung lebih besar bisa membuat pemiliknya terhindar dari debu dan berbagai polutan." Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal 'Annals Of Occupational Hygiene'.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...